Pelantar.id, Tanjung Balai Karimun (5/3) – Menteri BUMN Erick Thohir membuktikan komitmennya dalam memajukan UMKM Kabupaten Tanjung Balai Karimun melalui berbagai program pemberdayaan UMKM, salah satunya melalui program PaDi UMKM.

Platform PaDi UMKM dibentuk untuk mempertemukan BUMN dan UMKM dengan harapan dapat mengoptimalkan, mempercepat serta mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM. Lewat PaDi UMKM diharapkan bisa memberi peluang bagi  UMKM dalam mendapatkan transaksi dan perluasan pasarnya terutama pasar dari BUMN.

Dalam kunjungan Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga ke Rumah BUMN, ia menyapa UMKM yang dibina oleh Rumah BUMN Karimun. “BUMN ini harus beli produknya UMKM. Nanti kita akan buka juga di Bukalapak, akan ada official storenya Rumah BUMN, jadi Bapak Ibu bisa jualan juga disana” jelas Arya.

Baca Juga :   Petugas Pertamina Gadungan Berkeliaran di Karimun, Jual Regulator Gas Elpiji

Lebih lanjut Arya mengatakan semua pelatihan digitalisasi akan diberikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Sedangkan pelatihan manajemen akan disediakan oleh Bank BRI.

Manfaat pendampingan UMKM oleh Rumah BUMN juga dirasakan oleh salah satu pelaku UMKM Kabupaten Karimun, Warjilah yang menjalankan usaha kuliner “Ila Kulim”. Ia mengaku usahanya terbantu dengan pendampingan bisnis yang diberikan oelh Rumah BUMN.

“Usaha saya membuat dendeng daun singkong kemasan, tapi memang kendalanya di kemasan yang bisa membuat produk saya bisa tahan lebih lama. Saya bersyukur tadi saya dapat solusi dan akan dibantu alat kemasan” cerita Warjilah.

Arya berharap bantuan kemasan yang akan diberikan dapat menekan biaya produksi dan menambah percaya diri UMKM Karimun  untuk bersaing di pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga :   Kemendikbud Sambangi Museum Batam Raja Ali Haji