Pelantar.id — Baru dua hari di posting di Youtube, video dokumenter Sexy Killers sudah ditonton 5 juta orang.

Sexy Killer merupakan sebuah video atau film dokumenter berdurasi kurang lebih 1 jam 28 menit yang berisi tentang menguak informasi penting terkait dua pasangan calon presiden yang akan dipilih besok, 17 April 2019.

Film ini banyak bercerita tentang pencemaran lingkungan akibat pembangunan pembangkit PLTU atau batu bara yang dikembangkan berbagai perusahaan untuk kebutuhan pasokan listrik.

Kalimantan Timur menjadi daerah yang paling disorot Watchdoc dan penambahan kasus -kasus PLTU di pulau Jawa.

Di balik suksesi film ini adalah seorang jurnalis sekaligus aktivis, Dandy Laksono. Dandy memang fokus mengangkat berbagai isu di kanal youtubenya,Watchdoc Image sejak tahun 2015 lalu.

Dia bersama temannya, Andhy Panca melakukan aksi keliling Indonesia untuk mencari tempat-tempat peliputan yang rentan terjadi pela nggaran dan isu sosial.

Dalam video tersebut Dandy bercerita dan menggambarkan berbagai dampak dari operasi PLTU di Kalimantan Timur. Di antaranya lokasi galian tambang yang telah merenggut banyak nyawa akibat tenggelam, munculnya penyakit pernapasan hingga dampak masif warga yang harus kehilangan lahannya demi mengalah untuk pembangunan galian batu bara dan pembangkit.

Baca Juga :   Ratusan Pengikut Dua YouTuber Tawuran Massal di Jalan

Dandy tak hanya mengiring penonton pada dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh PLTU tetapi yang sangat penting pula menguak dan mengaitkan siapa-siapa (perusahaan) yang bertanggung jawab dari dampak yang ditimbulkan. Dan dua pasangan calon presiden kita masuk ke dalamnya. Tentu ini sangat mengangetkan apalagi besok pesta demokrasi.

‌Entah mengapa film ini diputar dua hari jelang pemilu. Kita tidak tahu maksud sebenarnya yang ingin dicapai Watchdoc. Tapi beberapa asumsi mungkin bisa ditarik, apalagi komentar dari video ini begitu membludak yang tak lain membicarakan Jokowi dan Prabowo.

Ada komentar yang berterima kasih, ada yang merasa menyesal karena terlalu fanatik pada salah satu pasangan calon, ada yang tetap membela kandidat mereka dan berbagai komentar lainnya.

Baca Juga :   Kita Semua Beresiko Diabetes

Sebagai seorang jurnalis investigasi, Dandy tentunya tidak sembarangan mengungkap beberapa fakta dalam video tersebut. Dari fakta yang diungkap Watchdoc, intinya kedua pasangan calon memiliki perusahaan tambang yang dikaitkan Watchdog dengan dampak PLTU.

Seperti dinasti, lingkaran setan. Watchdoc menyebut nama-nama perusahaan tambang yang cukup menganggetkan kita.

Tulisan ini bisa mengiring kita untuk tidak memilih, atau tetap memilih yang kemungkinan sedikit buruk. Semua dikembalikan kepada pembaca yang telah menonton film ini. Namun hal terpenting yang perlu kita tahu bahwa lingkungan kita sudah tercemar, sudah saatnya kita acuh pada kerusakan lingkungan.

Selain itu, film ini juga mengajak untuk berhemat listrik. Kita perlu sadar ada banyak dampak sosial dan pengorbanan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan listrik kita.

@elizagsm