Pelantar.id – Film First Man sedang tayang dilayar bioskop Indonesia. Sebuah film biopic tentang Neil Armstrong, astronaut yang dipercayai menginjakkan kaki pertama di bulan pada masa 60-an.

Film ini berkisah cukup apik yang diangkat dari buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong karya James R. Hansen. Kesan pertama setelah menonton film ini adalah pas.

Pas ceritanya, pas pengambilan gambarnya. Semua ditayangkan tanpa berlebihan. Teknik sinematografi yang apik membawa penonton serasa berada di dalam roket dari era 60an.

Drama yang disajikan tidak bertele tele, dengan dialog yang tidak begitu banyak, namun sebagai penonton Anda akan mengerti maksud emosi, penggambaran karakter dan suasana yang terjadi dari detail-detail scene dalam film ini.

Sementara, setelah sukses mengajak Ryan Gosling di La la land, sang sutradara sepertinya juga tak salah memilih untuk melibatkan Ryan menjadi pemeran Neil Armstrong. Penggambaran karakter Neil Armstrong sukses diperankan oleh Ryan Gosling.

Universal Pictures dan Dreamworks sama sama membiayai produksi film ini. Cast lain yang terlibat di First Man di antaranya Claire Foy, Jason Clarke, Kyle Chandler, Patrick Fugit, Ciarán Hinds, Ethan Embry, Shea Whigham, Corey Stoll dan Pablo Schreiber.

Ryan Gosling memerankan Neil Armstrong

Sebelum tayang di bioskop, Film First Man secara perdana sudah ditayangkan di Festival Film Venesia pada tanggal 29 Agustus 2018 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Oktober 2018.

Baca Juga :   Setelah Gundala, Menyusul Godam yang Diperankan Chicco Jerikho

Sejauh ini, First Man mendapatkan review positif dari para kritikus. Dikalangan media luar seperti IMDB dan RottenTomatoes, First Man mendapatkan review yang cukup tinggi. Rotten Tomatoes memberi rating 88 persen, dari 272 ulasan, dengan rating rata-rata rating 8.1/10.

Secara singkat, First Man bercerita tentang misi NASA untuk mendaratkan seorang astronaut di bulan. Saat itu Neil Armstrong (Ryan Gosling) dan pesawat NASA setelah melalui berbagai upaya penerbangan pesawat berkali-kali, dan berhasil mendarat di bulan tahun 1969.

Keputusan Neil untuk mengikuti misi tersebut tentunya melewati banyak pertimbangan dan rintangan, terutama datang dari keluarganya.

Melalui film ini kita akan ditarik untuk mengetahui berbagai fakta-fakta menarik tentang pendaratan manusia pertama di bulan. Berikut ini dikutip dari teknomata.id beberapa fakta dari First Man.

foto: NASA

1. Amerika kalah jauh dari Russia dalam lomba menuju angkasa luar.

Baca Juga :   Kegunaan 5G di Masa Depan

Pada tahun 1957 Russia sudah lebih dulu meluncurkan satelit pertamanya yaitu Sputnik. Kemudian mengirim dua ekor anjing Belka dan Strelka ke luar angkasa pada tahun 1960. Negara ini juga yang pertama menerbangkan manusia ke luar angkasa: Yuri Gagarin di tahun 1961 dan Valentina Tereshkova pada tahun 1963. Sementara Alexei Lenov dari Rusia adalah manusia pertama yang berjalan di luar angkasa.

2.Neil Armstrong adalah astronaut pertama yang berasal dari kalangan sipil.

Kelas test pilot x-15 sebelum Armstrong bergabung berasal dari anggota militer aktif. Mereka rata-rata berasal dari angkatan udara dan angkatan laut Amerika Serikat. Neil Armstrong adalah bagian dari angkatan ke dua Nasa.

3. Tidak semua lapisan masyarakat tertarik dengan program angkasa luar Amerika.

Banyak warga Amerika berpikir bahwa ongkos $24.5billiun dengan rentang waktu delapan tahun terlalu mahal untuk misi luar angkasa Apollo.

4. Dalam misi Gemini 8 Neil Armstrong dan co-pilot David Scott nyaris hilang di luar angkasa akibat kesalahan teknis.

Baca Juga :   IDI: 100 Dokter di Indonesia Telah Meninggal karena Covid-19

Misi Gemini 8 adalah misi vital sebelum berangkat ke bulan, yaitu misi docking antara dua pesawat antariksa pertama di luar angkasa. Setelah docking sukses, tiba tiba pesawat berputar disebabkan oleh kerusakan pada salah satu roket pendorong. Keduanya hampir tewas.

5. Tragedi pertama misi Apollo pada tahun 1967.

Sebuah api menyambar dan masuk ke dalam kokpit di mana tiga awak sedang berada di dalamnya, menyebabkan kematian ke tiga astronaut yang salah satunya adalah Ed White sahabat dan tetangga dari Neil Armstrong.

6. Pada 16 Juli 1969, Neil Armstrong dan krunya akhirnya berangkat dalam misi delapan hari menuju bulan.

Keterbatasan ruang di dalam pesawat mengharuskan para Astronaut membuang air kecil ke dalam kantong plastik karena tidak ada toilet pada saat itu. Empat hari kemudian mereka menggunakan alat pendaratan bulan yang di sebut Eagle para astronaut mencoba mendarat di permukaan bulan.

Dari tiga astronaut yang berangkat ke bulan hanya dua yang memijakkan kakinya ke bulan yaitu Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, sementara Michael Collin tetap berada di Apollo yang mengorbit di Bulan.

========
eliza gusmeri
sumber: teknomata.id