Pelantar.id – Perkembangan industri ponsel kian pesat. Tiap tahun para vendor berlomba mengeluarkan Smartphone terbaru dengan berbagai fitur menarik, baik untuk di lini Android maupun Iphone.

Banyak pilihan ponsel terbaik yang dapat kita pilih, namun pilihan-pilhan tersebut juga menyulitkan pengguna. Tipe ponsel mana yang harus kita beli? Android? Iphone?

Jika Anda masih bingung untuk mementukan pilihan, berikut ini ada beberapa tips untuk membantu memilih smartphone terbaik, kami kutip dari techradar.com:

 

1. Budjet

Jumlah uang yang Anda siapkan untuk membeli ponsel cerdas adalah hal nomor satu yang perlu Anda putuskan sebelum melangkah lebih jauh.

Jika Anda memiliki uang yang cukup untuk membeli ponsel terbaik tentu Anda bisa mendapatkannya. Biasanya harga sebanding dengan kualitas yang diberikan. Misalnya memilih membeli Samsung Galaxy Note 20 Ultra dengan banyak fitur.

Baca Juga :   RSUD Karimun Kini Mampu Diagnosa Segala Jenis Kanker

Ponsel ini mungkin akan memenuhi kebutuhan Anda dengan spesifikasi andalannya seperti pengaturan multi-cam, dan S Pen yang serba bisa untuk pencatatan, produktivitas, dan corat-coret.

Namun, harus dipastikan juga apakah Anda benar-benar membutuhkan semua fungsi itu?

2. Sesuaikan dengan kebutuhan hobi

Apakah Anda hobi memotret? foto mana yang sering Anda ambil? ini adalah cara terbaik untuk menentukan seberapa banyak Anda menggunakan kamera.

Jika Anda melihat banyak foto selfie atau bahkan foto grup, mungkin kamera depan harus lebih menarik perhatian saat Anda memilih ponsel, misalnya memilih kamera selfie ultra lebar untuk kebutuhan foto kolektif atau bersama-sama.

Jika Anda mengambil banyak bidikan di malam hari, perhatikan kamera dengan mode malam khusus dan / atau sensor yang lebih besar dan kinerja cahaya rendah yang solid.

Baca Juga :   Message Man, Film Pilihan untuk Penyuka Adegan Brutal

Secara umum, smartphone dengan performa terbaik dalam kondisi cahaya rendah cenderung menjadi yang paling mahal, karena kondisi pengambilan gambar menuntut lensa, sensor, dan algoritme terbaik.

Bagi mereka yang kebanyakan mengambil gambar di siang hari, pilihan Anda lebih luas; hampir semua perangkat kelas menengah hingga unggulan yang Anda pilih dari merek besar kemungkinan akan mengambil bidikan yang sangat baik dalam kondisi cerah.

3. Prosesor

Berkat kemajuan teknologi prosesor, ditambah dengan peningkatan spesifikasi secara umum, bahkan sebagian besar handset kelas menengah saat ini akan memberikan daya yang lebih dari cukup.

Prosesor kelas menengah seperti Snapdragon 765 ditambah dengan sekitar 8GB RAM akan bekerja melalui aplikasi, media, dan multitasking tanpa masalah.

Kecuali jika Anda secara khusus mencari handset yang dapat digunakan untuk memainkan game tugas berat atau memproses video 8K ala rentang Galaxy S20, spesifikasi mentah adalah salah satu area di mana ponsel Android kelas menengah benar-benar bersinar.

Baca Juga :   BJB dan Mandiri Pantau Bisnis Galangan Kapal

4. Berapa lama penggunaan

Hal ini terkait dengan masa pakai baterai. Daya tahan baterai adalah salah satu atribut terpenting bagi kebanyakan orang apalagi yang menggantungkan aktivitasnya dengan ponsel.

Selain mempertimbangkan ketahanan baterai, hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah kecepatan pengisian daya baterai.

Misalnya, OnePlus 8 Pro dapat mencapai kapasitas 50% hanya dalam 30 menit berkat pengisi daya Warp Charge 30T, yang merupakan prestasi yang mengesankan mengingat baterai 4.510mAh-nya.

Dengan perusahaan seperti Samsung dan Xiaomi juga menawarkan versi pengisian cepat mereka sendiri, kecemasan akan jangkauan akan segera menjadi bagian dari masa lalu.

techradar