pelantar.id – Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018, kompetisi sepakbola untuk jenjang pendidikan SMP, tingkat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau resmi dimulai. Acara pembukaan dilangsungkan di stadion Gelora Citramas, Nongsa, Batam, Kamis (3/5) pagi.

Ketua PSSI Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan, GSI merupakan bagian dari Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. GSI merupakan wadah bagi siswa yang memiliki bakat dan potensi di bidang olahraga sepakbola.

“Melalui ajang ini, diharapkan akan muncul pemain-pemain sepakbola unggul dari Batam,” katanya.

Kompetisi U-14 ini buah kerja sama Kemendikbud dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Ajang bergengsi ini untuk memberi ruang bagi siswa, guru, orang tua, sekolah, komunitas sepak bola, suporter sepakbola, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memajukan persepakbolaan Indonesia.

Baca Juga :   Google Hadirkan Program Kesehatan untuk Pecinta Tubuh Ideal

GSI diselenggarakan secara berjenjang dan berkesinambungan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan nasional. Di Batam, GSI sudah menuntaskan pertandingan di tingkat kecamatan.

Ketua Pelaksana GSI Kota Batam Trisilo mengatakan, GSI diikuti tim perwakilan 12 kecamatan se-Batam. Yakni, Kecamatan Batam Kota, Lubuk Baja, Nongsa, Batuaji, Batuampar, Belakangpadang, Sekupang, Bengkong, Seibeduk, Galang, Sagulung dan Bulang.

Pertandingan akan dilangsungkan mulai 3 sampai 10 Mei 2018 di stadion Gelora Citramas, Nongsa. Pada pertandingan pertama, kesebelasan Kecamatan Nongsa berhasil mencukur tim Galang dengan skor mencolok, 7-0.

Trisilo mengatakan, para pemain berbakat dalam GSI tingkat Kota Batam ini nantinya akan dipersiapkan untuk ajang serupa tingkat Provinsi Kepri.

Baca Juga :   Aset Senilai Rp196 Miliar Milik BP Akan Dihibahkan ke Pemko

“Bahkan, bibit-bibit unggul dari ajang GSI ini juga akan didorong mengikuti kompetisi sepakbola profesional di Indonesia,” katanya.

Editor: Yuri B Trisna