pelantar.id – GERD sempat dikaitkan nitezen dengan penyebab kematian suami BCL, Ashraf Daniel Mohammed Sinclair sehingga istilah tersebut masuk ke daftar pencarian terbanyak di internet.

Apa yang dimaksud dengan Gerd? Gerd berasal dari singkatan Gastroesophageal Reflux Disease atau juga dikenal sebagai acid reflux, sebagai kondisi jangka panjang di mana isi lambung naik ke kerongkongan, menghasilkan gejala atau komplikasi.

Gejala dapat berupa rasa asam di bagian belakang mulut, mulas, bau mulut, nyeri dada, regurgitasi, masalah pernapasan, dan kerusakan gigi.

Kondisi lainnya dapat menyebabkan batuk atau terasa seperti ada benjolan di belakang tenggorokan. Sensasi terbakar di dada, biasanya setelah makan, dan kesulitan menelan.

Baca Juga :   Taman Mini Dibuka Kembali, Pengelola Batasi Pengunjung

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika menemukan gejala di atas. Pasalnya, GERD harus mendapat perawatan untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih buruk dalam jangka panjang.

Dilansir dari klikdokter.com, pada penelitian yang dilakukan di RSUP Fatmawati pada tahun 2018, prevalensi GERD mencapai 49 persen dan lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Selain itu, Ibu hamil dan mereka yang obesitas berisiko mengalami GERD, karena adanya dorongan terhadap lambung—rahim yang membesar pada ibu hamil dan jaringan lemak pada obesitas.

Penanganan pada penderita GERD, disarankan untuk makan teratur, tidak melewatkan sarapan, tiga kali makan besar dan diselingi camilan sehat seperti buah, serta mengunyah dengan benar. Selain itu, hindari langsung tidur atau berbaring setelah makan. Berikan jeda selama 3-4 jam.

sumber: pinterest

 

Baca Juga :   Jalur Bersepeda yang Tawarkan Pemandangan Menawan di Indonesia