pelantar.id – Hidangan laut sudah menjadi hidangan andalan yang tak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Kepulauan Riau. Satu makanan laut yang patut Anda coba adalah Siput dan Gonggong.

Bila Anda datang ke Pulau Bintan salah satu Kabupaten di Kepulauan Riau, Anda perlu mencoba Siput Laut dan Gonggong. Gonggong atau Canarium Stroumbus, merupakan sejenis siput/kerang laut yang menjadi santapan khas Pulau Bintan, dan Kepulauan Riau pada umumnya.

Inspirasi Gonggong ini juga menjadi sebuah ikon Kota Tanjung Pinang melalui Gedung Gonggong yang dirancang layaknya Disney Opera House di Australia, atau Keong Mas di Taman Mini Jakarta.

Gonggong sendiri merupakan biota laut endemik yang hidup di perairan laut kepulauan Riau dan cukup banyak ditemui di Pulau Bintan. Gonggong pun menjadi hidangan laut paling khas di Kepulauan Riau, khususnya Pulau Bintan, sebab hampir tidak ditemui di tempat lainnya. Gonggong juga memiliki kandungan gizi dan rasanya yang lezat.

Baca Juga :   Sembilan Negara Ambil Bagian di Festival Layang-layang Funtouristic 2019

Tidak semua gonggong nikmat untuk disantap, setidaknya ada beberapa jenis Gonggong yang memiliki citarasa, yakni Gonggong Cangkang Tipis (berwarna putih), Gonggong Ayam (kecil dan berwarna hitam), Gonggong Cangkang Tebal, dan Gonggong Merah Cangkang Tebal. Biasanya, gonggong dinikmati dengan siraman saus kacang, lada hitam, ataupun saus tiram yang terasa khas di lidah

Seperti halnya Kepiting, Gonggong juga memiliki kandugan gizi yang cukup tinggi. Dalam setiap daging Gonggong hterdapat karbohidrat, kalori, protein, serta kandungan lemak baik. Dengan kandungan gizi yang banyak, dan rasanya yang lezat, tentu saja Gonggong menjadi hidangan paling populer jika Sobat Pesona melancong ke Pulau Bintan.

Sumber: genpi.co