Pelantar.id – PT Pertamina (Persero) akan menurunkan harga pertamax series mulai Sabtu, 1 Februari 2020. Penyesuaian berupa penurunan harga di produk Pertamax dan Pertamax Turbo.

Namun harga BBM masing-masing daerah akan berbeda karena dipengaruhi perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Dikutip dari liputan6, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan untuk wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, harga BBM umum jenis Pertamax mengalami penyesuaian dari sebelumnya Rp 9.200 menjadi Rp 9.000 per liter.

Sementara, Pertamax Turbo disesuaikan harganya dari sebelumnya Rp 9.900 menjadi Rp 9.850 per liter. Sayangnya, harga BBM lainnya seperti pertalite dan solar tidak mengalami perubahan. Sedangkan untuk BBM jenis lainnya harga tetap seperti Pertamina dex Rp 10.200/liter, Dexlite Rp 9.500/liter, dan Pertalite Rp 7.650/liter.

Baca Juga :   Hari Ini Batas Akhir Penukaran Uang Rupiah Emisi 1998-1999

Namun, untuk Solar NPSO mengalami kenaikan Rp 100/liter yakni dari harga Rp 9.300 menjadi Rp 9.400/liter.

Penyesuian harga tersebu mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan, di mana penyesuaian harga BBM dapat dilakukan secara berkala dan tergantung faktor-faktor penentu harga, salah satu faktornya adalah harga minyak dunia.‎

Informasi harga BBM dapat dilihat di www.pertamina.com‎ atau cek di list berikut ini.