Pelantar. id – Harga tiket pesawat beberapa maskapai Selasa 8 Januari 2019 masih mengalami kenaikan cukup signifikan untuk beberapa rute penerbangan.

Dipantau dari salah satu pejualan tiket online, harga tiket Batam-Jakarta di atas Rp 1 juta baik untuk maskapai Lion Air, Citilink dan Sriwijaya. Sementara Jakarta-Padang juga bertarif sama, disusul rute Jakarta-Medan. Tarif tersebut tetap bertengger hingga Februari 2019.

Alia seorang penumpang yang akan mengambil rute penerbangan Jakarta – Padang merasa kesulitan dengan tarif tersebut. Dia juga merasa heran, kenapa harga tiket pesawat yang biasanya lebih murah jadi naik dua kali lipat.

“Kok jadi mahal, saya jadi cari alternatif transit ke KL, yang ternyata justru lebih murah,” kata dia, Selasa 8 Januari 2019.

Baca Juga :   Dolittle, Film Keluarga yang Cukup Menghibur

Menurutnya, tarif tersebut pun masih mahal hingga Februari 2019 untuk penerbangan langsung. Sementara untuk transit misalnya untuk ke KL tarifnya relatif lebih murah atau dengan rentang pengurangan harga Rp 400 ribu.

Sementara Yayasan Konsumen Batam, Fachri Agusta menilai kenaikan harga tiket pesawat tersebut sudah memiliki aturan tarif ambang batas. Menurutnya tetap pilih atau cari alternatif maskapai lain yang lebih murah.

“Iya kalau tarif sesuai aturan kepmen hitungannya jarak Rp km dan ada range antara terendah dan termahalnya,” kata dia kepada pelantar.id.

Fachri juga menambahkan “Ya cari maskapai penerbangan lain saja karena tarifnya sudah maksimal sesuai aturan pemerintah, hanya saja mereka tidak kompromi sama masyarakat umum yang mau liburan keluarga.”

Baca Juga :   Ekspor Naik 17,56 Persen, Penerimaan BC Melonjak 100 Persen

Jika tidak ada solusi lain, Fachri memberi solusi penumpang bisa menunda jadwal penerbangan atau mencari waktu-waktu tertentu yang memasang tarif murah.

“Kalau mereka menggunakan tarif tertinggi sebaiknya masyarakat tundahperjalanan menggunakan penerbangan kalau tidak terlalu penting,” kata dia.

Tingginya harga tiket beberapa maskapai sepertinya juga dapat dipengaruhi momen tahun baru dan masa liburan. Meskipun saat ini sudah memasuki minggu ke dua Januari.