pelantar.id – Puncak peringatan Hari Jadi Kota Batam ke-189, digelar di Dataran Engku Putri, Batam Center,  hari ini, Selasa (18/12/19). Seperti tahun sebelumnya, yang paling ditunggu masyarakat adalah panggung hiburan rakyat dan makan besar.

Rangkaian acara akan diawali dengan upacara sekira pukul 07.30 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Anugerah Batam Madani 2018 kepada 30 orang yang dinilai sudah memberi kontribusi bagi pembangunan Batam.

Selanjutnya, akan digelar rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Batam mulai pukul 11.00 WIB.

Setelah paripurna, akan dilangsungkan Pawai Budaya Nusantara. Pawai yang menampilkan parade busana dari seluruh daerah di Tanah Air ini mengambil garis start di Bundaran Tuah Madani, atau di bundaran dekat jalan menuju kawasan wisata Costarina.

Peserta pawai akan finish di Dataran Engku Putri. Ada sekitar 60 paguyuban di Batam yang akan ambil bagian, termasuk organisasi perempuan, kepemudaan, pelajar dan lainnya.

Baca Juga :   Mengingat Kelahiran Batam dari Makam Nong Isa

“Setelah tiba di Engku Putri, acara akan diisi dengan belbagai atraksi budaya,” ujar Panitia Hari Jadi Batam ke-189, Rudy Panjaitan, Senin (17/12/18).

Sementara itu, di Dataran Engku Putri juga sudah disiapkan 189 stand kuliner yang akan menyajikan berbagai menu mulai khas Melayu maupun Nusantara. Semua makanan yang ada di stand tersebut bisa dinikmati masyarakat secara cuma-cuma alias gratis.

“Hari Jadi Batam ini bukan hanya milik Pemko Batam, tapi milik semua masyarakat Batam. Mari kita bersama-sama merayakannya,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Sekali lagi, kami mengundang seluruh masyarakat Batam untuk datang ke Engku Putri. Semua makanan di stand itu gratis. Selain itu, juga ada hiburan dari artis ibu kota dan juga Malaysia,” ujarnya.

Rangkaian acara di Hari Jadi Kota Batam ke-189

Rudy Panjaitan menambahkan, setiap stand, akan menyediakan sedikitnya 100 porsi makanan.

Baca Juga :   Ada Apa di Peringatan HUT Batam Ke-189?

Rudy yang menjabat Kabag Tata Pemerintahan Setdako Batam ini mengimbau masyarakat bisa berlaku tertib selama menikmati sajian kuliner yang disiapkan.

“Tidak perlu berebut, tidak perlu berdesak-desakan. Kami berharap kita semua bisa tertib, dan membangun budaya antre saat ingin mengambil makanan di masing-masing stand,” katanya.

Rangkaian acara HUT Batam ke-189 akan ditutup dengan penampilan artis jebolan Akdemi Dangdut Asia dari Malaysia, Shiha Zikir. Ia akan unjuk kebolehan “menggoyang” Batam bersama artis Isye KDI, penyanyi asal Batam yang sukses menembus panggung musik dangdut nasional.

*****

Yuri B Trisna