pelantar.id – Laga perdana Liga Champions musim 2018-2019 tadi malam diwarnai sejumlah kejadian menarik. Di antaranya, dominasi tim tamu dan kartu merah yang didapat Cristiano Ronaldo.

Dari delapan laga di Grup E, Grup F, Grup G, dan Grup H, 50 persen tim tamu berhasil mencuri poin penuh. Juventus, Manchester United, Bayern Muenchen, dan Olympique Lyon adalah empat tim yang mampu membekuk tim tuan rumah.

Spesial bagi Bayern Muenchen yang sudah mencatatkan rekor khusus. Juara Jerman itu selalu meraih kemenangan pada laga pertama Liga Champions dalam 15 musim beruntun. Pada matchday 1 musim ini, mereka menang 2-0 di kandang Benfica.

Di kubu tuan rumah, hanya Real Madrid dan Ajax Amsterdam yang bisa memenangi pertandingan melawan tamu mereka. Selain itu, ada penciptaan rekor pelatih termuda pada pertandingan Shakhtar Donetsk vs TSG 1899 Hoffenheim. Pelatih tim tamu, Julian Nagelsmann menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah Liga Champions. Usia Nagelsmann pada pertandingan tersebut adalah 31 tahun 58 hari. Dia lebih muda 41 hari dibandingkan mantan pelatih BATE Borisov, Viktor Goncharenko, yang diukir pada dekade lalu.

Baca Juga :Hasil Liga Champions, Hattrick Messi dan Drama 5 Gol di Anfield

Hingga matchday 1 Liga Champions yang berlangsung sejak Selasa (18/9) hingga Kamis (20/9), sudah 45 gol tercipta atau 2,81 gol per laga. Rekor kemenangan terbesar didapat Barcelona saat menaklukkan PSV Eindhoven 4-0 pada laga Selasa (18/9) malam.

Cristiano Ronaldo (bawah), menangis usai menerima kartu merah dalam laga Grup H Liga Champions kontra Valencia di Stadion Mestalla, Valencia, Spanyol, Kamis (20/9) dini hari WIB.
Foto : AFP/Jose Jordan

Tangisan Ronaldo
Cerita menarik terjadi pada laga Valencia kontra Juventus. Striker anyar I Bianconeri, Cristiano Ronaldo, harus menerima kartu merah karena dianggap melakukan tindakan tidak sportif kepada bek Valencia, Jeison Murillo.

Baca Juga :   Kematian Paus Sperma dan Teguran untuk Kita Si Pembuang Sampah

Itu menjadi pengalaman pahit Cristiano Ronaldo setelah kembali ke tanah Spanyol untuk kali pertama sejak pindah dari Real Madrid. Mata Cristiano Ronaldo sempat berkaca-kaca saat meninggalkan lapangan. Beruntung, Si Nyonya Tua bisa mengalahkan tuan rumah 2-0.

Pada babak pertama, Juventus sempat mengalami beberapa masalah. Sami Khedira harus keluar lapangan lebih cepat karena mengalami cedera dan diganti Emre Can pada menit ke-23. Setelah itu, petaka bagi Cristiano Ronaldo terjadi. Pada menit ke-29, pemain asal Portugal itu menerima kartu merah langsung dari wasit asal Jerman, Felix Brych, karena dianggap melakukan tindakan tidak sportif kepada Jeison Murillo.

Namun, kehilangan Ronaldo tidak membuat serangan Juventus mengendur. Jelang babak pertama berakhir, I Bianconeri membuka keunggulan melalui penalti Miralem Pjanic. Penalti diberikan setelah kapten Valencia, Dani Parejo, melanggar Joao Cancelo. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Baca Juga :   Hasil Liga Champions, Hattrick Messi dan Drama 5 Gol di Anfield

Setelah jeda, Valencia mencoba bermain lebih menyerang. Akan tetapi, lini belakang El Che kembali membuat kesalahan. Murillo melakukan pelanggaran kepada Leonardo Bonucci. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Pjanic untuk mencetak gol kedua dari titik putih.
Valencia yang mencoba mencetak gol ke gawang Juventus terus menemui jalan buntu. Bahkan, Valencia gagal mencetak gol dari titik putih pada detik terakhir, karena tembakan Dani Parejo dihentikan kiper Wojciech Szczesny pada menit ke-90+6.

Berikut hasil lengkap pertandingan Liga Champions tadi malam:
Grup E
Ajax 3-0 AEK Athens (Nicolas Tagliafico 46′, 90′, Donny van de Beek 77′)
Benfica 0-2 Bayern Muenchen (Robert Lewandowski 10′, Renato Sanches 54′)

Grup F
Shakhtar Donetsk 2-2 Hoffenheim (Ismaily 27′, Maycon 81′; Florian Grillitsch 6′, Havard Nordtveit 38′)
Manchester City 1-2 Lyon (Bernardo Silva 67′; Maxwel Cornet 26′, Nabil Fekir 43′)

Grup G
Real Madrid 3-0 AS Roma (Isco 45′, Gareth Bale 58′, Mariano 90+2′)
Plzen 2-2 CSKA Moskva (Michael Krmencik 29′, 41′; Fyodor Chalov 49′, Nikola Vlasic 90+5′-pen.)

Grup H
Young Boys 0-3 Manchester United (Paul Pogba 35′, 44′-pen., Anthony Martial 66′)
Valencia 0-2 Juventus (Miralem Pjanic 45′-pen., 51′-pen.)

Editor : Yuri B Trisna