Pelantar.id – Anda punya kebiasaan membaca sambil tiduran? mungkin Anda punya alasan dengan cara tersebut, misalnya biar gampang tertidur atau posisi tiduran lebih membuat Anda nyaman membaca. Tapi amankan membaca sambil tiduran untuk mata kita?

Dilansir dari halosehat.com, kebiasaan satu ini dianggap menjadi hal berbahaya bagi kesehatan mata. Ada berbagai bahaya kesehatan bagi mata karena kebiasaan ini.

Mungkin efek bagi mata terjadi tidak dalam jangka pendek, oleh karena itu waspadailah beberapa bahayanya seperti berikut:


Pusing – Anda justru secara tak sadar telah memberikan paksaan pada saraf mata dan otak untuk bekerja keras. Dari situlah, efek pusing bisa terjadi.

Migrain – Waspadai efek seperti migrain ini karena akibat satu ini bisa sangat berkepanjangan yang pada akhirnya untuk menyembuhkannya pun akan sangat sulit jika sudah telanjur.

Baca Juga :   Mengapa Unjuk Rasa Melawan Polisi Berkobar di AS?

Mual-mual –  Saat rasa mual terjadi, biasanya mata terpicu untuk berkedip cepat di mana kondisi ini merupakan tanda bahwa Anda seharusnya menstop kegiatan tiduran sambil membaca saat itu juga.

Penurunan daya pikir – Aktivitas membaca dengan posisi tiduran mampu memberikan efek buruk jangka panjang, yakni seperti melemahnya daya pikir apabila aktivitas ini dilakukan setiap hari. Dalam beberapa tahun, barulah efek dari melemahnya daya pikir akan lebih terasa secara langsung, seperti sulit fokus dan mudah lupa.

Mata lelah – Mata bisa mengalami rasa cepat lelah ketika berada dalam posisi tak nyaman saat membaca karena sambil tiduran. Jarak mata dengan bacaan dalam posisi tiduran tidaklah ideal sebab yang paling normal dan seharusnya diterapkan adalah jarak 25-30 cm. Jarak membaca di bawah 25 cm justru hanya akan membuat mata lebih gampang lelah dan pusing.

Baca Juga :   Dinas Pariwisata Jakarta Sediakan Tur Daring Museum dengan Virtual Reality

Mata minus – Banyak orang yang memang meyakini bahwa mata minus dapat terjadi karena dipicu oleh kebiasaan membaca di tempat gelap dan bahkan membaca sambil dalam posisi tiduran.

Jadi apabila Anda sudah mempunyai riwayat atau gejala mata minus (rabun jauh), baca sambil tiduran sebaiknya mulai dihindari agar minus tidak semakin bertambah.

===================
sumber: halosehat.com