pelantar.id – Acara Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER) dengan tajuk Melancong Kat Batam-Bintan, Kamis (27/9) sampai Minggu (30/9) berakhir. Ratusan peserta dari seluruh wilayah Indonesia mengaku senang dan puas selama mengikuti agenda tahunan itu di Kota Batam dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Sejak Kamis, masing-masing member ID42NER sudah tiba di Batam. Setelah melakukan registrasi dan urusan administrasi lainnya, peserta disambut dengan welcome diner di Horison Ultima Kings (HULK) Batam. Tampak hadir di acara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi serta sejumlah kepala dinas seperti Kepala Dinas Perhubungan, Kadis Pariwisata dan lainnya, Ketua Ikatan Motor Indonesia, jajaran Polresta Barelang dan lainnya.

Presiden ID42NER, Duta Erlangga mengatakan, ID42NER merupakan wadah untuk mempersatukan para pecinta dan pengguna mobil Toyota Fortuner sekaligus mempererat tai slaturahmi. Kegiatan di Batam ini dihadiri oleh member ID42NER perwakilan dari seluruh Indonesia.

Gathering yang dibarengi dengan touring merupakan agenda tahunan ID42NER. Selain untuk kopi darat dan berbagi informasi, kegiatan ini juga menjadi bentuk peran serta ID42NER dalam mempromosikan keunikan dan destinasi wisata yang ada di setiap daerah yang dikunjungi. Tak hanya itu, dalam agenda tahunan tersebut juga selalu dilaksanakan acara bakti sosial guna menunjukkan rasa persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama.

Baca Juga :   Jenis Pekerjaan untuk si Pekerja Sensitif

“Kami, ID42NER ingin turut mempromosikan objek-objek wisata yang ada di seluruh daerah yang kami kunjungi. Ini sebagai bentuk partisipasi kami kepada pemerintah, memperkenalkan satu daerah kepada daerah lain,” katanya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, saat ini Kota Batam sedang berada dalam masa transisi. Jika selama ini Batam dikenal sebagai kota industri, ke depan pemerintah sedang serius menggarap Batam sebagai kota tujuan pariwisata.

Pemerintah Kota Batam bersama dengan Badan Pengusahaan Batam terus melakukan terobosan dan promosi seluruh potensi wisata yang ada di daerah ini, termasuk menggelar event-event wisata berskala naisonal dan internasional.

“Kami juga sedang menggalakkan pembangunan infrastruktur seperti jalan, itu salah satunya bertujuan untuk mendukung terwujudnya Batam sebagai kota pariwisata,” kata Rudi.

Rudi berharap, para member ID42NER ikut mendukung impian Batam tersebut, dengan mempromosikan objek-objek wisata yang dikunjungi selama berada di Batam kepada masyarakat Indonesia lainnya. Menurutnya, dengan semakin seringnya komunitas-komunitas atau asosiasi nasional menggelar kegiatan di Batam, otomatis akan memberi keuntungan bagi Batam.

“Otomatis akan ikut andil mempromosikan Batam,” ujarnya.

Pada hari kedua, Jumat (28/9), kegiatan diisi dengan touring ke Kabupaten Bintan. Peserta menyusuri objek-objek wisata yang ada di sana seperti, Tresure Bay, Bintan Lagoi, dan Danau Biru. Touring tersebut diikuti belasan mobil Fortuner ditambah dua bus yang ditumpangi keluarga besar ID42NER.

Member ID42NER tiba di objek wisata Bintan.
Dok. ID42NER

Para peserta tur tampak menikmati perjalanan itu. Nyaris tak ada objek wisata di Pulau Bintan yang terlewatkan. Ajang itu pun menjadi kesempatan untuk mereka mengabadikan setiap momen.

Baca Juga :   The Matrix 4 Difilmkan pada 21 Mei 2021

“Di sini instagramable banget, sangat cantik,” kata seorang peserta tur.

Pada Sabtu (29/9), ID42NER mengisi kegiatan dengan bakti sosial di antaranya membantu fasilitas MCK di Masjid Nurul Tiban Pesona Rahayu, Sekupang, Batam. Selanjutnya, setelah menikmati jamuan makan siang di Agung Toyota Sekupang, peserta melanjutkan kegiatan dengan menuju ke Nipah Resort di Barelang.

Ratusan member ID42NER beserta keluarga besarnya juga diajak mengelilingi Pulau Batam dengan mini Cruise. Seperti touring di Batam, peserta juga sangat menikmati perjalanan menyusuri perairan Batam tersebut.

Rangkaian kegiatan ID42NER pada Sabtu itu ditutup dengan gala dinner di resort yang juga dihadiri sejumlah pejabat Badan Pengusahaan Batam, di antaranya Kepala Biro Umum dan Sekretariat Ilham Eka Hartawan. BP Batam sangat mengapresiasi ID42NER yang menggelar kegiatan tahunannya di Kepri, khususnya Batam dan Bintan.

“Kami berharap, semua member ID42NER menikmati seluruh kegiatan selama di Batam, dan saat kembali ke daerah masing-masing dapat memperkenalkan Batam kepada saudara dan teman serta masyarakat yang lebih luas,” katanya.

Baca Juga :   Komponen Mobil Esemka Akan Diimpor dari Tiongkok

Pada kesempatan itu, para ketua chapter ID42NER juga menyampaikan pesan dan kesan mereka selama mengikuti rangkaian gathering di Batam. Selain memuji keindahan objek-objek wisata yang ada di Batam dan Bintan, mereka juga menyatakan salut atas kekompakan ID42NER Chapter Kepri yang tahun ini menjadi tuan rumah. Sebagian besar merasa, touring Melancong Kat Batam-Bintan ini berbeda dengan touring-touring sebelumnya yang pernah dilaksanakan ID42NER.

“Kami semua senang, puaslah,” kata Duta Erlangga.

ID42NER menggelar bakti sosial di Masjid Nurul Tiban Pesona Rahayu, Sekupang, Batam.
Dok. ID42NER

Komunitas ID42NER berdiri sejak 13 Mei 2007, dan kini telah memiliki sedikitnya 1.700 anggota di seluruh Indonesia yang terdiri dari empat wilayah dan 18 chapter. Selain aktif mengadakan touring di berbagai daerah di Indonesia, ID42NER juga terus terlibat di setiap agenda nasional seperti mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 dan merayakan Hari Kemerdekaan RI.

“Di tengah-tengah kegiatan, kami selalu berusaha melakukan bakti sosial seperti santunan anak yatim atau penggalangan dana untuk korban bencana alam,” katanya.

Menurut Erlangga, kegiatan-kegiatan positif tersebut mampu menguatkan rasa solidaritas dan kekeluargaan di antara anggota komunitas. Selain itu, ID42NER juga bertekad untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menaati segala peraturan dan tata tertib lalu lintas dalam berkendara.

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna