Pelantar.id – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengecek langsung sistem drainase di Jalan Letjen Soeprapto, sekitar Perumahan Bumi Sarana Indah Kelurahan Buliang, Batuaji, Selasa (11/1/2022).

Peninjauan ini dilakukan guna menghadirkan solusi penanganan banjir di sekitar lokasi tersebut.

“Mudah-mudahan kehadiran kami hari ini membantu mengurai persoalan banjir di sini,” kata Rudi.

Sembari mendatangi titik pertitik, Rudi langsung berdiskusi dengan tim dari Pemko Batam maupun BP Batam untuk mengatasi persoalan banjir di kawasan tersebut.

Tidak hanya itu, beberapa orang dari masyarakat setempat juga turut menyampaikan langsung persoalan yang mereka hadapi kepada walikota/kepala BP Batam.

Dari peninjauan ini, salah satu yang akan dibenahi yakni gorong-gorong di simpang jalan tersebut (samping Komplek Hidayatullah). Ia meminta untuk diperlebar dan ditinggikan. Sehingga fungsinya bisa bertahan 5 tahun hingga 10 tahun.

Baca Juga :   PLN Batam Rancang Aplikasi Online, Layanan Publik Lebih Cepat dan Mudah

“Gorong-gorong yang sekarang diganti dengan boxculvert. Saya minta dibuka hingga 4 sampai 5 meter dan ditinggikan,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat juga turut andil mencegah banjir. Seperti rutin bergotong royong membersihkan saluaran air di wilayah masing-masing dan tidak membuang sampah ke parit.

“Saya kira kalau kita kompak, banjir akan hilang,” ujarnya.