Pelantar.id – Dalam penelitian terbaru, lansia dan usia muda rupanya berbeda gejalanya. Jenis kelamin juga memengaruhi.

Tim yang dipimpin oleh para peneliti dari King’s College London menemukan bahwa perbedaan yang paling mencolok adalah antara kelompok usia yang lebih muda. Ini berdasarkan data dari April hingga Oktober tahun lalu.

“Penting bagi orang-orang untuk mengetahui bahwa gejala paling awal sangat luas dan mungkin terlihat berbeda untuk setiap anggota keluarga atau rumah tangga,” kata Penulis utama, dr. Claire Steves, di King’s College London, seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Minggu (22/8/2021).

Berikut perbedaan gejala awal Covid-19 yang dirasakan oleh usia muda dan lansa:

Usia Muda

Baca Juga :   Genjot Pendapatan, Kepri Turunkan Pajak Mobil Tua

Secara keseluruhan, gejala paling awal pada usia muda yakni kehilangan penciuman, nyeri dada, batuk terus-menerus, sakit perut, lecet pada kaki, nyeri mata, dan nyeri otot yang tidak biasa.

Usia Lansia

Untuk orang berusia 60 tahun ke atas, bukan penciuman berkurang, tetapi gejala awal utama adalah diare.Perbedaan gejala awal antara pria dan perempuan sangat mencolok. Ditemukan bahwa perempuan lebih mungkin melaporkan kehilangan penciuman, nyeri dada dan batuk terus-menerus. Sementara pria lebih mungkin melaporkan sesak napas, kelelahan, kedinginan dan menggigil.