pelantar.id – Berbeda dengan pesawat terbang pada umumnya yang berbentuk satu kapsul, sebuah perusahaan penerbangan bernama KLM berencana membuat pesawat model terbaru dengan dua tabung.

Bentuknya pun sangat aneh, menyerupai huruf V. Pesawat terbang ini diberi nama Flying-V sesuai rencana bentuknya.

Perusahaan tersebut pun sudah mengklaim bahwa pesawat jenis ini mampu menghemat bahan bakar hingga 20 persen.
Pasalnya, pesawat ini dilengkapi dengan dua mesin turbofan di setiap sayap.

Flying-V digadang-gadang lebih irit dibandingkan dengan Airbus A350 berkat desain aerodinamis dan bobot yang lebih ringan.

Sebagaimana dilansir The Sun, Senin (17/6/2019), pesawat ini terinspirasi dari gitar listrik Gibson Flying-V yang digunakan oleh seniman ikonik seperti Jimi Hendrix dan Keith Richards. Pesawat ini mampu membawa penumpang sebanyak 314 orang yang melintasi dua sayap di dalam kabin berbentuk V yang khas. Desain ini dirilis sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 KLM.

Baca Juga :   Apple Mulai Seriusi Dunia Otomotif dengan Rencana Produksi Mobil Self-Driving

Rencana pesawat ini dibuat ileh Justus Benand, seorang mahasiswa di Universitas Teknik Berlin sebelum dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Teknologi Delft di Belanda. Pemimpin proyek TU Delft Roelof Vos mengatakan bahwa industri penerbangan menyumbang 2,5 persen dari emisi co2 global.

Hingga saat ini interior dan bagian dalam pesawat masih belum diungkapkan kepada publik. Yang jelas mereka tengah mengkaji teknologi yang memungkinkan penumpang untuk tidur di kursi yang lebih ringan dan kamar mandi yang nyaman. Diharapkan pesawat buatan KLM ini rampung dibuat pada 2040.

sumber: okezone