pelantar.id – International Bintan Marathon 2018 yang digelar fi kawasan Bintan Resort, Minggu (9/9), ditargetkan diikuti oleh 2.000 peserta. Event internasional ini merupakan hasil kolaborasi tiga perusahaan yakni, PT Bintan Resort Cakrawala dan PT Medianusa Permana asal Indonesia dengan Orangen Room Pte Ltd asal Singapura.

Event ini menambah daftar kegiatan berskala nasional dan internasional yang dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau. Event lain yang sudah ada di antaranya, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, dan Ironman Bintan.

GGM PT Bintan Resort Cakrawala Group Abdul Wahab mengatakan, International Bintan Marathon menawarkan tiga kategori marathon yang bisa diikuti oleh tiap peserta. Yaitu, 10 kilometer (Charity Run), 21 kilometer (Half Marathon), dan 42 kilometer (Full Marathon). Pihaknya bangga dapat membawa event taraf internasional ini ke Bintan.

Baca Juga :   Kehilangan 3 Juta Wisatawan, Pemerintah Akan Bantu Pulihkan Wisata Bintan

Menurut Abdul Wahab, event ini menjadi misi untuk berkontribusi pada komunitas olahraga yang lebih sehat dan aktif.

“Selain itu, event ini juga bertujuan mengembangkan pariwisata dan olahraga di Bintan, dan Kepulauan Riau,” ujarnya di Batam,  Rabu (8/8).

Abdul Wahab mengatakan, kategori 10 kilometer  diperuntukan bagi individu dan organisasi yang bertujuan untuk kegiatan amal. Penggalangan dana pun akan digunakan untuk membantu badan amal lokal yang berada di Pulau Bintan.

Ia berharap, event ini mampu meningkatkan daya tarik Bintan di mata  wisatawan mancanegara. Menurutnya, Bintan memiliki keunggulan di sektor pariwisata.

Keindahan alam Bintan didukung fasilitas yang memadai, menjadikan daerah ini pantas menjadi destinasi wisata dunia.

Maraton ini akan mengambil start dari Plaza Lagoi, Lagoi Bay yang merupakan kawasan wisata populer di Bintan. Selama mengikuti rute yang sudah dipersiapkan, peserta akan disuguhi keindahan tepi danau dan panorama laut serta menjelajahi lingkungan hotel dan resort yang asri.

Baca Juga :   Enam Poin Kesepakatan Ketua Partai dengan Jokowi

“Event ini memberi kesempatan besar bagi para peserta untuk menikmati keindahan alam Bintan, mencicipi kuliner khas lokal dan belajar kebudayaan Melayu, selain menguji kemampuan fisik mereka sendiri,” kata dia.

Dalam Internasional Bintan Marathon, pihak penyelenggara memberikan diskon sebesar 30 persen kepada peserta  dari Indonesia. Hal itu selain bertujuan menarik wisatawan lokal, sekaligus untuk mengenalkan budaya serta kekayaan alam di Bintan. Untuk informasi dan pendaftaran, peserta dapat mengunjungi situs resmi di www.bintanmarathon.com.

Reporter : Rohman F
Editor : Yuri B Trisna