Pelantar.id – Sport tourism IRONMAN 70.3 Bintan akan kembali berlangsung di pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 25 Agustus 2019. Event Iron Man 70.3 Bintan ini merupakan tahun keempat dilaksanakan sejak dimulainya pada tahun 2015 silam.

Bintan akan semakin bergejolak karena Ironman 70.3 Bintan adalah satu dari tiga event di Bintan yang masuk dalam Top 100 COE Wonderful 2019 Kemenpar. Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, bekerja sama dengan MetaSport dan Bintan Resort untuk menggelar acara tahunan ini.

Event Iron Man 70.3 Bintan ini sangat menguntungkan bagi Kepulauan Riau, khususnya Bintan dan Tanjungpinang. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, IRONMAN 70.3 akan dipusatkan di Lagoi Bay, Bintan.

Baca Juga :   Kongsi Marvel dan Sony Pisah, Spiderman Hengkang dari MCU

Sebuah resort yang menakjubkan dengan hamparan pantai berpasir putih, pantai tropis utama yang berlokasi dibagian utara Pulau Bintan. IRONMAN 70.3 Bintan juga akan menyertakan relay IRONMAN 70.3, peluang besar bagi pendatang baru untuk menjejakkan kaki dalam perlombaan.

Ada tiga tahapan atau jalur yang harus dilewati peserta yaitu Perfect Swim Conditions sejauh 1,9 Km, Spectacular One-Lap Bike Course sejauh 90 Km dan Scenic Run Course sejauh 21, 1 Km. Pukul 5 pagi peserta Iron Man 70.3 Bintan sudah berkumpul di transition area untuk mempersiapkan perlengkapan dan sepeda lalu menuju pantai Lagoi Bay.

Untuk Perfect Swim Conditions Perlombaan dimulai dari pantai sekitar pukul 6 pagi, atlet berenang di perairan sejuk di Teluk Lagoi dengan suhu 20 °C. Kemudian akan dilanjutkan dengan Spectacular One-Lap Bike Course dimana peserta akan bersepeda di jalan berkelok-kelok melewati bagian barat laut pulau.

Baca Juga :   Update COVID-19 di Batam: Pasien Bertambah, Total Positif 3 Orang

Peserta akan bersepeda sekaligus menikmati pemandangan hutan hijau yang lebat hingga pemandangan pantai yang fantastis.Terakhir Scenic Run Course, atlet akan berlari 2 lap dengan pemandangan yang bervariasi dan menakjubkan di Danau Teluk Lagoi yang terawat.

Tahapan ini memberikan pelari kesempatan untuk bertemu dengan sesama atlet lainnya. Peserta yang mengikuti ajang lomba ini sudah tidak diragukan lagi kekuatannya, baik laki-laki mau pun perempuan pada kelompok usia dan kelompok pro.

Untuk mengikuti tiga tahapan itu haruslah memiliki fisik yang sangat fit dengan latihan yang tidak sebentar, jadi tau dong gimana kuatnya? Pada Pembukaan IRONMAN 70.3 Bintan 2018 lalu. Pra-event Iron Man melibatkan anak usia 6-14 tahun di perlombaan ini membuat perhelatan tahunan ini semakin menarik.

Baca Juga :   Warga Asing Akan Diberi Kelonggaran Memiliki Rumah di Indonesia

Tak hanya peserta IRONMAN, peserta IRONKIDS juga sangat bersemangat mengikuti Fun Run sejauh 1,5 km. Mayoritas peserta IRONKIDS adalah anak-anak dari peserta IRONMAN 70.3 Bintan dan warga lokal yang sangat bersemangat melibatkan anak-anaknya. Pra-event biasanya dilaksanakan pada pukul 4 sore, H-1 puncak laga Iron Man 70.3 Bintan. (*)