Pelantar.id– Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) diperkirakan terjadi hari ini, 26 Desember 2019. Beberapa daerah di Indonesia dapat menyaksikan peristiwa ini, termasuk di Kepulauan Riau.

Di Kepulauan Riau, GMC akan terlihat di Batam, Tanjungpinang dan Bintan. Dirilis dari Tirto.id, untuk Batam, GMC akan mulai terlihat pada pukul (10.27 WIB), Kontak Ke-2 (12.22 WIB), Puncak Gerhana (12.24 WIB), Kontak Ke-3 (12.26 WIB), Kontak Ke-4 (14.18 WIB).

Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan melintasi hampir seluruh wilayah Indonesia terutama di bagian barat pada tanggal 26 Desember 2019 karena puncak gerhana akan terjadi saat tengah hari di Indonesia bagian barat.

Dilansir dari situs LAPAN daerah yang paling ideal menyaksikan GMC adalah Kabupaten Siak, Riau dan Singkawang (Kalbar).

Baca Juga :   Dampak Pandemi, Maskapai Qantas PHK 6.000 Karyawan

LAPAN juga memperkirakan di daerah tersebut sekitar 97% piringan Matahari akan tertutupi piringan Bulan sehingga hanya cincin kuning yang akan tersisa.

Seperti diketahui, Gerhana Matahari Cincin merupakan gerhana yang terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi.

Fenomena itu menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

 

GMC 26 Desember 2019 dapat teramati dari wilayah Indonesia bagian barat; area yang dilewati gerhana ditunjukkan dalam gambar di bawah. Foto: LAPAN