pelantar.id – Empat bulan mengalami koma dan sempat beberapa kali jantungnya berhenti, seorang perempuan di Provinsi Hubei, China tersadar setelah mendengar lagu pop Taiwan. Perempuan berusia 24 tahun yang tidak disebutkan namanya itu bangun dari koma panjangnya setelah mendengar lagu berjudul Rosemary, yang dibawakan oleh Jay Chou.

Peng berinteraksi dengan pasien yang baru sadar dari koma selama 4 bulan. Foto : Nextshark

Perempuan itu mengalami koma sejak bulan November tahun 2017 lalu, akibat mengalami disfungsi otak yang disebabkan oleh tersendatnya pasokan oksigen ke otak, seperti diberitakan South China Morning Post. Selain jantung yang pernah berhenti hingga tiga kali selama dalam masa koma, ginjal dan paru-paru perempuan itu juga telah terganggu.

Baca Juga :   Tips Berdandan Singkat Sebelum ke Kantor

Peng Keling, seorang perawat di Intensive Care Unit (ICU) rumahsakit tempat perempuan itu dirawat sebelumnya berusaha melakukan apapun untuk membantu kesadaran pasien. Peng setiap hari selalu mengajak pasien yang tidak merespons itu berkomunikasi, mulai perbincangan ringan, menceritakan kisah humor, hingga membacakan gosip artis terkini.

“Suatu hari saya dapat ide, karena saya tumbuh bersama lagu Jay Chou, mungkin dia juga menyukainya,” kata Peng, seperti dikutip oleh Nextshark.

Pria itu kemudian mulai secara rutin memperdengarkan lagu Jay kepada pasien istimewanya selama tiga bulan berturut-turut. Pada bulan Maret, Peng mengaku mulai melihat perubahan pada kondisi pasien.

“Kakinya mulai bergerak pelan, seiring nada saat lagu Rosemary diputar,” ujar Peng.

Baca Juga :   Ani Idrus Potret Perempuan Tangguh yang Nangkring di Doodles Art

Setelah beberapa lama, kondisi pasien terus berangsur membaik. Peng sangat bahagia dan meneruskan terapi musik yang selama ini tidak pernah lupa dia lakukan. Saat pasien dapat membuka mata, dia mengaku sangat gembira. Pasalnya, si pasien itu secara lengkap dapat mengikuti perintah dokter untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti mengangkat lengan, menggerakkan kaki dan mengarahkan telunjuk ke satu objek.

“Semua dokter datang ke ruang perawatan, saat saya masih menyanyikan lagu Jay Chou. Bahkan ketika salah sorang dokter bertanya bagaimana suara saya, dia menjawab pelan, tidak jelek, katanya,” ungkap Peng.

Setelah mengalami kemajuan yang sangat berarti, pasien itu dilaporkan telah dipindahkan ke bangsal rawat inap untuk memulihkan kondisinya.

Joko Sulistyo
Dari berbagai sumber