Pelantar.id – Personel Polsek Lubuk Baja melaksanakan monitoring perkembangan harga dan kebutuhan bahan pokok di beberapa pasar, Kamis (16/12/2021).

Kapolsek Lubuk Baja, AKP Budi Hartono, mengatakan, pasar yang disambangi yakni Pasar Baru Jodoh, Pasar Komplek Penuin. Pasar Rakyat Kampung Agas, Pasar Pujabahari dan Pasar Tos 3000.

“Kita melaksankaan mobiling door to door system melaksanakan pengecekan harga sembako bahan pokok makanan menjelang perayaan Natal 2021 dan menjelang Tahun baru 2022,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mengantisipasi kenaikan harga menjelang Natal 2021 dan Tahun baru 2022 tanpa se izin dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Pasar Kota Batam.

Pada monitoring tersebut diketahui ada beberapa harga sembako yang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Yaitu berupa harga minyak goreng dari harga Rp13 ribu/liter menjadi Rp18 ribu/liter.

Baca Juga :   Peringkat Kemiskinan Kepri Terendah di Sumatera, Aceh Paling Tinggi

Cabai rawit dari Rp70 ribu/kilogram (kg) naik menjadi Rp100 ribu/kg, cabai kriting dari Rp60 ribu/kg menjadi Rp70 ribu/kg dan telur ayam Rp42 ribu/papan menjadi Rp52 ribu/papan.

Pihaknya berharap para pedagang di pasar tetap menyesuaikan harga dengan harga pasaran atau harga yang berlaku dari Dinas Pasar Kota Batam serta untuk mencegah mencegah terjadinya penimbunan sembilan pokok makanan yang dilakukan oleh para pedagang.