Pelatar.id – Karakter seseorang dapat dikaitkan dengan bidang pekerjaan yang cocok untuk dilakoni. Memilih pekerjaan yang cocok sesuai karakter setidaknya dapat membantu meningkatkan kinerja seseorang.

Misalnya bagi tipe sensitif. Apa pekerjaan terbaik yang bisa dimiliki oleh orang yang super sensitif? sebagai orang sensitif, perlu pekerjaan yang disesuaikan dengan sifatnya. Dengan begitu, antara perasaan dan pikiran bisa berjalan dengan seimbang ketika bekerja.

Apalagi bagi orang yang memiliki perasaan begitu sensitif, tidak mudah menghadapi dunia kerja. Dikutip dari Purewow, Jumat (14/9/2018), sebuah penelitian menunjukkan bahwa 20 persen populasi dianggap sangat sensitif.

Jika Anda adalah orang yang sensitif secara biologis, Anda akan menjadi begitu responsif dengan dunia sekitar. Sikap responsif inilah yang memengaruhi kehidupan, termasuk soal pekerjaan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain and Behaviour, 20% populasi manusia dianggap sebagai sosok yang sangat sensitif. Orang yang sensitif cenderung juga lebih responsif terhadap dunia di sekitarnya.

Baca Juga :   Gelar Lomba Perahu Layar, Cara Masyarakat Pulau Mongkol Rayakan Kenduri Laut

Dilansir dari purewow.com, Senin (17/9/2018), berikut ini adalah beberapa pekerjaan terbaik yang bisa dimiliki oleh orang super sensitif. Penasaran apa saja?

1. Bidang kreatif

Orang super sensitif juga dikenal dengan kreativitasnya. Kebanyakan orang yang sensitif memiliki kreativitas lebih tinggi. Untuk itu, ada baiknya jika pekerjaan yang diambil memanfaatkan sisi kreativitas Anda.

Pekerjaan yang memanfaatkan bakat artistik, entah itu menulis, desain grafis, akting, atau bernyanyi, orang super sensitif perlu merasa puas secara kreatif. Selain itu, bidang kreatif juga memungkinkan seseorang untuk bekerja secara independen.

2. Kesehatan

Orang super  sensitif biasanya sangat intuitif dan empati, berarti mereka hebat dalam merawat orang lain. Tidak semua profesi kesehatan cocok. Namun, Anda bisa mengambil pekerjaan seperti konsultan kesehatan, pekerja rumah sakit, atau ahli terapi fisik.

Baca Juga :   X-MOC Kepri dan Batam Resmi Mendapatkan Legalitas

3. Bisnis

Kesalahpahaman yang umum terjadi berkaitan dengan orang super sensitif adalah mereka dianggap tidak bisa menjadi pemimpin. Sebaliknya, orang super sensitif yang berorientasi terhadap detail dapat berkembang menjadi pemilik usaha kecil, karena mereka dapat menciptakan suasana yang ramah dan memikat bagi karyawannya.

4. Pekerja lepas atau Freelance

Kemampuan untuk mengatur jadwal sendiri mungkin akan sangat pas bagi orang super sensitif. Pekerjaan sebagai freelance dapat membuat orang-orang super sensitif memotivasi diri sendiri.
Terkadang Anda tidak bisa berkembang karena memiliki rekan kerja yang lamban. Daripada menimbulkan gesekan, lebih baik Anda menjadi pekerja lepas.

Anda akan bekerja lebih independen dan memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal sendiri. Selain itu, karena bekerja dengan berorientasi pada hal detail, Anda mungkin akan memotivasi diri sendiri untuk berkembang.

editor: eliza gusmeri
sumber: liputan6.com