Pelantar.id – Pemerintah sedang mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk kembali membuka sekolah, setelah beberapa bulan terakhir pelajar telah menjalani proses belajar di rumah selama pandemi.

Berdasarkan kalender akademik di Indonesia awal tahun ajaran 2020-2021 dijadwalkan 13 Juli. Namun, ada dua opsi yang dipertimbangkan pemerintah untuk jadwal sekolah yakni pada akhir tahun atau tahun depan. Kemungkinan akhir tahun bisa dipilih kalau pandemi berangsur berkurang.

Dikutip dari Jakartapost Selasa 2 Juni 2020, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan dalam sebuah pernyataan (Senin lalu), “Itu hanya perkiraan. Menurut kalender tahun ajaran baru dimulai pada pertengahan Juli, tetapi saya tidak akan merekomendasikan siswa akan kembali ke sekolah, ”

Baca Juga :   Karimun Bebas Desa Terisolir

Wakil Koordinator Kementerian Pendidikan dan Keagamaan, Agus Sartono, mengatakan kementerian telah mempertimbangkan untuk mengizinkan siswa kembali ke kampus pada akhir Agustus atau awal September.

“Tetapi akhir Desember lebih baik. Kami tidak ingin seperti Prancis dan Korea Selatan. Mereka terlalu dini membuka sekolah dan banyak siswa yang terpapar [COVID-19],” katanya.

Dinas Pendidikan Jakarta sebelumnya berencana untuk membuka kembali sekolah pada 13 Juli, sesuai dengan kalender akademik pemerintah.

Namun, rencana tersebut harus mempertimbangkan kebijakan pemerintah pusat dan persiapan masing-masing sekolah dalam membatasi transmisi COVID-19.