Pelantar – Kampung Tua Belian yang berada di Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, resmi ditetapkan sebagai  Kampung Pancasila, Rabu (16/3/2022).

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316 Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, mengatakan, Kampung Pancasila merupakan program pimpinan TNI yang memang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Kata dia, tujuan diresmikannya Kampung Pancasila adalah ingin kembali menumbuhkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Ke depan, pihaknya juga akan memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat setempat.

“Kampung Pancasila di Kampung Tua Belian ini akan menjadi pilot project,” ujarnya.

Sigit mengatakan, sengaja memilih Kampung Tua Belian karena sejak sekitar 1800 kampung tersebut sudah ada penduduknya. Selain itu juga tercatat ada sekitar 14 suku yang tinggal di Kampung Tua Belian.

Baca Juga :   Pengurus RT/RW Didorong Jadi Relawan Demokrasi

“Karena itu kami melihat ini sangat baik dijadikan sebagai Kampung Pancasila,” kata Sigit.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Kampung Pancasila dan diharapkan ke depannya dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar masyarakat.

Amsakar menjelaskan, Kota Batam sejak memang memiliki keberagaman, baik itu suku, agama dan lainya. Karena itu dengan keberagaman ini bagaimana ke depan kebersamaan dan toleransi ini dapat terus tumbuh di lingkungan masyarakat.

Amsakar menegaskan program pembangunan dapat berjalan dan terlaksana dengan baik jika masyarakatnya kondusif dan mendukung penuh program-program pemerintah.

“Karena itu ini harus terus kita jaga dan terus tumbuhkan. Sehingga Batam dapat terus maju,” ujarnya.

Baca Juga :   Dorong Wisata Alternatif, Kepri Kembangkan Agrowisata