Pelantar.id – Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) menjadi salah satu program beasiswa paling diminati di Indonesia. Pendaftaran beasiswa ini tentunya sangat dinantikan.

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa dari pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Program ini bertujuan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi Indonesia mendatang. Pada tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran beasiswa LPDP dibuka di bulan Maret. Namun, karena pandemi jadwal pendaftarannya berubah.

Berikut informasi terkait LPDP

Tahun ini, terdapat dua program beasiswa yang dibuka oleh LPDP, yakni Beasiswa Pendidikan dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia. Berikut penjelasan singkat terkait dua program beasiswa tersebut yang dikutip dari laman resmi lpdp.kemenkeu.go.id:

1. Beasiswa Pendidikan LPDP

Beasiswa ini diperuntukkan untuk tenaga pendidik, yakni guru dan dosen. Beasiswa jenjang magister diperuntukkan bagi guru tetap pada sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga :   Kampung Terih Jadi Lokasi Photo Fiesta 2019

Kemudian, beasiswa jenjang doktoral diperuntukkan bagi dosen tetap pada perguruan tinggi dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama.

Baca juga: Kemendikbud Buka Pendaftaran Beasiswa untuk Sarjana, Magister dan Doktor, Berikut Persyaratannya

2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia LPDP

Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktoral. Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia ini terdiri dari beberapa perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pihak LPDP.

Jadwal Pendaftaran LPDP 2020

LPDP melalui akun instagram resmi @lpdp_ri pada Kamis (1/10/20) mengumumkan jadwal registrasi online LPDP 2020 dapat dilakukan mulai 6 Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga :   Achmad Yurianto, Juru Bicara Covid-19 Diganti

Para calon pendaftar dapat melakukan registrasi melalui tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Persyaratan dan Tahapan Seleksi LPDP 2020

Informasi terkait persyaratan, tahapan seleksi, perguruan tinggi tujuan, serta ketentuan lainnya akan disampaikan lebih lanjut bersamaan dengan dibukanya registrasi online.

Calon pendaftar diminta untuk terus memantau perkembangan informasi melalui kanal-kanal resmi LPDP, baik melalui website resmi maupun media sosial resmi LPDP.

Calon pendaftar dapat menghubungi Call Center LPDP di nomor 1500652 atau mengunjungi layanan informasi LPDP melalui tautan berikut: https://bantuan.lpdp.kemenkeu.go.id/.

suara