Pelantar.id – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pelaksanaan Travel Bubble di Bintan, Kepulauan Riau, Rabu (9/2/2022).

“Hari ini saya meninjau kesiapan pelaksanaan Travel Bubble di Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT), Lagoi, Bintan Kepulauan Riau dan juga kita sudah tersambung melalui video conference bersama Batam dan Bali,” ujar Kapolri dalam keterangan resminya.

Tentunya kata Kapolri, ini menjadi hal yang baik. Ia yakin seluruh Standar Operasional Prosedur (SOP) serta aplikasi-aplikasi yang ada betul-betul bisa mendeteksi munculnya varian baru.

“Dengan adanya aplikasi-aplikasi seperti PeduliLindungi, Bluepass dan Monitoring Center yang dipadukan ini, kita yakin kegiatan wisatawan yang terkonfirmasi positif bisa langsung ditemukan dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Kemudian langkah-langkah yang harus dilakukan seperti isolasi lanjutan harus disiapkan dengan baik,” tegas Kapolri.

Baca Juga :   DPR RI Kagum Batam Tetap Menggeliat di Tengah Pandemi

Secara umum lanjutnya, pelaksanaan Travel Bubble di Bintan sudah bagus. Hanya ada beberapa upaya peningkatan terkait dengan menyakinkan bahwa prosedurnya berjalan dengan baik.

Kemudian melakukan desinfektan di tempat-tempat yang berpotensi terjadi kerumunan dan di tempat yang berpotensi terjadi transmisi agar dilaksanakan dengan SOP yang sudah ada.

Kapolri mengatakan, dibukanya Travel Bubble Batam dan Bintan ini sebagai sinyal positif untuk kebangkitan pariwisata Kepri khususnya dan Indonesia umumnya.

“Dengan dibukanya travel bubble sekarang ini, dapat kembali menggairahkan dunia pariwisata Kepri dan menjadi momentum kebangkitan ekonomi Kepri,” ujar Kapolri.