foto:idntime

Pelantar.id – Kabupaten Natuna ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional. Pemerintah menyambut baik dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Arif Fadillah mengungkapkan langkah tersebut akan semakin memantapkan posisi Provinsi Kepri sebagai salah satu destinasi wisata. Ia percaya, kehadiran geopark sebagai wahana wisata baru dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat.

“Wisatawan kalau ke tempat wisata biasanya ada saja yang dibelanjakan. Baik itu untuk penginapan, makan, transportasi bahkan hiburan. Banyak sekali perputaran uang dalam sebuah tempat wisata. Masyarakat harus menjaga dan memanfaatkan ini sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian,” kata Arif di Jakarta, Senin (11/3)

Sementara itu, Kabid Ekonomi dan Pembangunan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kementerian Luar Negeri, Hery Laksono menjelaskan, dalam konsep geopark, sebuah kawasan tidak boleh mengalami perubahan bentuk alami.

Baca Juga :   Bakamla RI Tangkap Kapal Ikan Asing di Laut Natuna

Dalam mendukung langkah tersebut, perlu melibatkan masyarakat tempatan untuk menjaga dan mengolahnya sehingga bisa dimanfaatkan menjadi objek wisata, tempat penelitian, konservasi flora dan fauna dan sebagaimnya, yang tidak merubah tatanan.

Konsep itu menjadi acuan pemerintah dalam menentukan arah pembangunan yang disesuaikan dengan konsep geopark itu sendiri. Selain itu, pemerintah daerah perlu membuat Perda yang mengatur tata ruang kawasan itu agar kawasan tersebut terjaga keasrian dan kealamiannya.

“Dan karena kawasan di Natuna ini cukup unik, di mana wilayahnya banyak banyak digunakan untuk pangkalan militer maka perlu duduk bersama antara Pemda setempat dengan TNI agar dapat memetakan kawasan mana yang jadi wisata sehingga tidak masuk dalam wilayah yang menjadi area TNI,” katanya.

Baca Juga :   Benang Tenun Perajut Negeri Segantang Lada

Sumber: genpi.co