Pelantar.id – Belum selesai dengan 4G, sekarang kita malah disuguhi teknologi jaringan kelima atau 5G. Apa sebenarnya keunggulan yang dibawa 5G? Bisakah Indonesia mengimplementasikan koneksi ini secara massal terutama untuk sektor industri?

Pada acara Telkomsel 5G for Industry 4.0, di Batam kemarin terdapat 8 use-case yang dihadirkan untuk memberikan penggambaran potensi implementasi 5G yang dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, otomasi, optimasi, dan efisiensi di dalam operasional lintas industri.

Berikut ini dijabarkan beberapa keunggulan 5G yang memungkinkan diimplementasikan di masa depan

Smart Air Patrol

Deskripsi:
Pemanfaatan drone berteknologi jaringan 5G untuk meningkatkan efisiensi industri.
Menggunakan jaringan 5G, drone dapat dioperasikan dari jarak jauh dan dapat dimonitor secara langsung dengan video berkualitas HD serta AI untuk melacak objek.
Fungsi pengawasan yang dilakukan oleh drone dapat menjangkau jarak jauh dengan pengiriman visual ber-latency rendah sehingga dapat pengawasan operasional dapat dilakukan secara real-time.
Video berkualitas HD dapat diunduh dan diunggah dengan throughput yang tinggi. Informasi yang diperoleh dianalisis oleh edge cloud, sebuah perangkat yang mampu mengirimkan data secara terus-menerus ke server sehingga pengguna dapat mengamati dan melakukan analisis terhadap data yang dikirimkan secara real-time.

Implementasi:
Industri Agrikultur: di mana penyiraman pupuk dengan luas lahan 4 hektar dapat dilakukan dalam waktu 1 jam.
Industri Minyak dan Gas: di mana drone dapat memantau saluran pipa sepanjang 240 km dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan helikopter.

Baca Juga :   Alasan Pangeran Harry dan Meghan Keluar dari Kerajaan Inggris

Smart Surveillance (Pengawas Pintar)

Deskripsi
Keamanan menjadi hal yang sangat krusial di lokasi seperti kompleks industri, manufaktur, pemerintahan, kemiliteran, pelabuhan, dan bandar udara.
Melalui jaringan 5G dengan pengiriman visual serta data berlatensi rendah memungkinkan live-streaming secara HD, mempermudah integrasi antara HD video streaming dengan kecerdasan buatan.
Kombinasi dari keduanya dapat mempercepat proses pemindaian obyek seperti plat nomor atau pengenalan wajah yang secara signifikan dapat meningkatkan efisiensi pengguna dalam melakukan pengawasan.

Implementasi
Sektor Pemerintahan dan Keamanan: sistem Pengawas Pintar ini dapat diimplementasikan ke dalam konsep smart-city dimana pemerintah atau penegak hukum dapat dengan mudah memantau tempat-tempat tertentu seperti lalu lintas, pintu air, tempat parkir, dan lain lain.
Sektor Logistik dan Transportasi: sistem Pengawas Pintar dapat secara real-time mengawasi setiap pergerakan kendaraan seperti mobil, truk, dan container di lingkungan Bandar Udara dan Pelabuhan, sehingga memudahkan manajemen lalu lintas oleh Operator Pelabuhan maupun Operator Bandara Udara.
Sektor Industri dan Manufaktur: sistem Pengawas Pintar dengan proses pemindaian obyek yang dapat dilakukan secara real-time, mempermudah pengawasan terhadap proses produksi

Immersive Collaboration

Deskripsi
Sambungan layanan Ultra Broadband yang memungkinkan kolaborasi tanpa batas antara para pelaku bisnis di berbagai lokasi untuk bekerjasama secara efisien dan produktif.

Jaringan 5G mampu menyediakan fixed wireless access yang secara efisien dapat memberikan koneksi broadband yang dapat diandalkan untuk memberikan kepuasan bagi kebutuhan dunia usaha.
Teknologi fixed wireless access dapat memberikan kecepatan akses yang berguna dalam memberikan penyajian konten VR dengan kualitas tinggi dan konferensi video dengan lancar dan tanpa gangguan.

Baca Juga :   Bayarlah Listrik Tepat Waktu

Implementasi
Seluruh sektor perkantoran dan perindustrian dapat memanfaatkan penggunaan teknologi VR untuk melakukan conference call yang lebih immersive.

Future City Planning

Deskripsi
Ilustrasi konten-konten mixed reality dengan menggunakan koneksi low latency
Teknologi jaringan 5G memungkinkan throughput yang tinggi untuk konten-konten mixed reality dengan koneksi low-latency mempermudah kolaborasi antar kontributor.

Implementasi:
Perencanaan daerah perkotaan: dengan menggunakan teknologi mixed reality dapat mempermudah pengguna untuk melakukan perencanaan daerah perkotaan serta saling berkolaborasi melalui koneksi yang cepat.

Sektor pariwisata: teknologi mixed reality memungkinkan bagi pemilik sektor pariwisata untuk menghadirkan sensasi yang lebih real bagi para wisatawan.

5G Call

Deskripsi
Dengan kemampuan throughput yang tinggi, teknologi 5G memungkinkan download dan upload live video streaming. Teknologi 5G ber-latency rendah juga memungkinkan konektivitas yang bebas llag menghasilkan pengalaman video call yang maksimal.

Implementasi
Sektor industri dan korporasi: melalui teknologi 5G ber-latency rendah dapat mempermudah kolaborasi antar-personil.

Immersive Entertainment

Deskripsi
Dengan kemampuan throughput yang tinggi, teknologi 5G memungkinkan streaming video dengan kualitas Ultra HD secara live serta koneksi ber-latency rendah untuk menghadirkan pengalaman streaming yang bebas-lag.

Baca Juga :   Kepri Butuh Beras Impor, Pusat Jangan Kaku

Implementasi
Sektor Industri Kreatif: Streaming konten dengan resolusi 4K tanpa buffering melalui teknologi jaringan 5G.

Seamless Gaming

Deskripsi
Dengan kemampuan throughput yang tinggi, teknologi 5G memungkinkan streaming video gaming dengan kualitas HD secara live dengan koneksi ber-latency rendah meningkatkan pengalaman cloud gaming yang bebas-lag

Implementasi
Sektor Industri Kreatif: Kemampuan untuk melakukan video game streaming membuka peluang baru untuk industri video game dengan menghadirkan cloud gaming yang dapat membuat para gamer untuk bermain game hanya dengan menggunakan handheld device mereka saja, kapan pun dan di manapun.

Industry 4.0 Enabler

Deskripsi
Teknologi 5G membuka peluang baru untuk sektor industri di Indonesia dengan kemampuan throughput yang tinggi serta koneksi ber-latency rendah, memungkinkan adanya konektivitas antar perangkat, mesin, sensor, kendaraan serta objek-objek lainnya melalui teknologi wireless.

Implementasi
Industri Manufaktur: meningkatkan efisiensi pada industri manufaktur dengan menghubungkan berbagai perangkat melalui teknologi wireless, untuk mempercepat proses produksi, quality control, dan manajemen warehouse.

Sektor Pertanian: mempermudah proses pemupukan, pengawasan lahan, serta pengawasan pertumbuhan tanaman dengan menggunakan smart air patrol berbasis teknologi 5G.

Sektor Logistik: memberikan konektivitas wireless dengan coverage yang lebih luas dibandingkan wifi pada automated guided vehicle sehingga meningkatkan akurasi dari pemenuhan order dan mobilisasi barang di pergudangan atau pabrik.

(*)