Pelantar.id – Khasmir negeri yang secara geografis berada di India bagian utara. Negeri ini terkenal dengan keindahan alamnya berupa penggunungan yang indah. Wajar saja negeri ini menjadi rebutan India dan Pakistan.

Namun di bawah Undang-Undang Rencana Pembagian India, Kashmir diberi kebebasan untuk memilih ikut India atau Pakistan. Apa saja potensi keindahan Khasmir yang begitu menggoda perebutan dua negara asia selatan itu?

Khasmir memiliki primadona bernama Srinagar. Letak wilayah ini di kelilingi pegunungan hijau, Dal Lake dan Shikara (perahu mirip gondol). Tak cuma itu saja, Srinagar juga memiliki taman-taman Mughal di sekitar danau.

Srinagar memiliki kota tua yang dipenuhi dengan pasar-pasar bergaya Asia Tengah. Di sana banyak koleksi kuil sufi, benteng dan banyak masjid kayu bersejarah.

Baca Juga :   Rihanna Break Up dengan Pengusaha Saudi

Selanjutnya, Kashmir juga punya Gulmarg. Gulmarg terletak di lembah di Pir Panjal Range di Himalaya. Ketinggiannya mencapai 2.650 meter (8.694 kaki), jaraknya sekitar 56 km dari Srinagar.

Gulmarg juga ditumbuhi padang rumput. Biasanya saat musim dingin, rumput-rumput itu akan tertutup salju. Padang rumput ini di kelilingi oleh hutan pinus hijau dan cemara.

Pengunjung bebas bermain di sana. Waktu paling baik untuk ke sana adalah Juni sampai Oktober. Kemudian Desember dan Januari jika ingin bermain salju.

Kupwara juga menjadi kebanggaan Khasmir, terkenal dengan hamparan rumputnya yang luas. Padang rumput yang subur, pegunungan Alpine dan air jernih yang mengalir deras membuat Kupwara menjadi objek wisata penting di negara bagian ini.

Baca Juga :   Ibunda Presiden Jokowi Meninggal

Mata Anda juga akan dimanjakan dengan puncak gunung seperti Shamsbari setinggi 12000 kaki di atas permukaan laut, Nastachun (10273 kaki di atas permukaan laut) dan Dajalonjun (16.000 kaki di atas permukaan laut).

Tak hanya itu saja, jika ingin melihat Kashmir dari atas, Anda bisa memantau melalui Gunung Ainch.

sumber: merdeka.com

foto: kiwiskiguide.com