pelantar.id – Perkembangan jaringan generasi kelima atau yang dikenal 5G semakin mendapat perhatian para vendor smartphone dunia. Oppo dan LG termasuk vendor yang akan menggarap teknologi tersebut kedalam produk inovasi mereka nanti.

Saat ini jaringan yang paling diandalkan masih dirajai oleh 4G, namun kehadiran 5G masih sangat dinanti karena memiliki keunggulan yang melangkahi teknologi 4G.

Jaringan ini diklaim dapat memberikan kecepatan transfer data dan kestabilan jaringan yang lebih baik. Meski jaringan ini belum sempat dibuka untuk publik, beberapa peneliti menyatakan bahwa jaringan ini masih memiliki kekurangan.

Engadget (26/2) melaporkan, para peneliti mengatakan, salah satu kelemahan yang paling berbahaya adalah masih adanya celah di mana seseorang dapat mencegat panggilan telepon dan melacak lokasi seseorang.

Baca Juga :   Aquos R2 Keluaran Sharp Tampil dengan Dua Notch

Cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan melakukan serangan bernama Torpedo. Peretas menyerang kelemahan dalam protokol yang memiliki tugas memberitahu sebuah perangkat akan adanya panggilan telepon atau sms.

Saat pengguna melakukan atau mengakhiri panggilan dalam waktu singkat, perangkat akan mengirimkan pesan ke ‘page’. Hal ini akan dicegat untuk melacak lokasi dan lainnya.

Celah lain adalah dengan melakukan serangan Piercer, yang memungkinkan peretas menentukan nomor IMSI unik yang dilampirkan ke pengguna. Pada jaringan 4G, serangan IMSI-Cracking dapat menebak nomor IMSI melalui brute force. Hal ini juga dapat dilakukan pada jaringan 5G.

Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengintip panggilan dan info lokasi melalui perangkat seperti Stingrays, bahkan jika Anda memiliki handset 5G yang benar-benar baru. Torpedo juga dapat menyisipkan atau memblokir pesan seperti peringatan Amber.

Baca Juga :   KPK Amankan Sembilan Pejabat Kemenpora

Meski terdengar seperti masalah yang tidak dapat dibenahi, namun nyatanya celah ini bukan celah yang permanen. Akan tetapi, para ilmuwan akan membutuhkan waktu untuk melakukan penambalan celah keamanan ini.

sumber: tek.id