Pelantar.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito, mengapresiasi Pemko Batam dalam penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Saya baru melihat di sini (Batam) bahwa petugas PPKM lengkap, kompak dan bekerja sama yang didukung Pemda yang luar biasa. Ini menjadi penting, karena PPKM merupakan front liner (garda terdepan) mengendalikan Covid-19,” ucap Ganip, Sabtu (7/8/2021).

Ia juga mengapresiasi, posko PPKM Batam telah melaksanakan empat tugas utama petugas PPKM Mikro. Yakni pencegahan, pembinaan, penanganan serta fungsi dukungan. Hasilnya juga sudah dirasakan oleh masyarakat, ia berharap hal ini dapat dipertahankan.

“Dan, Batam ini merupakan garda terdepan NKRI, berbatasan dengan negara tetangga, saya harap skrining orang yang datang juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Baca Juga :   Seorang Ulama Serukan Sanksi Cambuk Bagi yang Bermain PUBG di Aceh

Ganip meminta semua pihak di Batam agar tidak lengah. Kata dia, pandemi Covid-19 belum tahu kapan akan berakhir. Namun yang harus diwaspadai adalah virus penyebab Covid-19 ini dapat bermutasi dan memunculkan varian-varian baru.

“Oleh karenanya agar terhindar dari paparan virus laksanakan prokes, khususnya masker yang merupakan proteksi paling awal yang harus dilakukan setiap orang. Tak ada satu orangpun yang kebal dari virus ini, makanya jaga dengan masker dan prokes lainnya,” harap dia.

Selain itu, upaya lain yakni dengan cara vaksinasi. Ia mengimbau, masyarakat dalat ikut menyukseskan kegiatan ini. Saat stok tersedia, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkannya.

“Sama ini, kalau merasakan badan sakit segera periksakan diri ke puskesmas. Kita wajib menjaga diri dan orang lain,” imbuhnya.

Baca Juga :   Wisata Bali Membaik, Pengujung Meningkat Dua Kali Lipat

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyampaikan, pengendalian Covid-19 tidak lepas dari dukungan semua pihak. Dari masyarakat, tenaga kesehatan hingga Forkopimda.

“Saya berterimakasih banyak kepada TNI Polri yang sejak awal ikut aktif bersama kami mencegah dan menangani pandemi ini,” ujarnya.