pelantar.id – Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto menyampaikan rencana pembukaan rute kapal Roll on Roll off (Roro) ke negara tetangga, Malaysia. Rencananya, rute tersebut akan dibuka dari pelabuhan Roro Tanjungpinang tujuan Tanjungpelepas, Malaysia.

Isdianto tidak menyebut kapan pastinya rute lintas negara tersebut dibuka. Namun, ia meminta pihak-pihak terkait untuk segera menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan, termasuk melakukan kajian ekonomis.

“Ini sangat bagus untuk meningkatkan sektor pariwisata kita,” katanya usai menghadiri peringatan Hari Jadi Kota Batam ke-189 di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Selasa (18/12/18)

Isdianto mengatakan, rencana pembukaan rute Roro dari Tanjungpinang-Malasyia sudah dibahas dengan pihak-pihak terkait. Dalam pembahasan itu juga sudah dibuat pemetaan keuntungan yang akan didapat jika rute Roro tersebut direalisasikan.

Baca Juga :   Akhirnya Kecamatan Batam Kota Masuk Zona Hijau

Menurut Isdianto, nantinya pelabuhan untuk mendukung pembukaan rute ini akan dibantu oleh pihak Malaysia. Untuk memperkuat rencana ini, Pemprov Kepri pun berencana melakukan studi banding ke Kalimantan. Informasi yang didapatnya, setiap bulan ada ratusan bus yang membawa wisatawan dari Malaysia masuk ke Kalimantan menggunakan kapal Roro.

“Kalimantan sudah melakukan kerja sama ini dengan malaysia. Dan terbukti, manfaatnya sangat besar untuk mendorong kemajuan pariwisata di Kalimantan,” kata dia.

Wagub Kepri Isdianto bersama Wali Kota Batam M Rudi di perayaan Hari Jadi Batam ke-189 di Dataran Engku Putri, Batam, Selasa (18/12/18).
Foto: Humas Pemprov Kepri

Sementara, terkait perayaan Hari Jadi Batam ke-189, Isdianto mengajak seluruh masyarakat untuk menyayangi Kota Batam. Ajakan itu sesuai dengan tagar #BataMiliKita yang terus disuarakan jajaran Pemerintah Kota Batam.

“Tagar ini sangat bagus, ini mengajak kita semua untuk menjaga, merawat dan menyayangi Batam,” katanya.

Baca Juga :   Rekomendasi Wisata di Batam selain Pantai

*****

Yuri B Trisna