pelantar.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan bantuan kepada 17 Kepala Keluarga (KK) korban puting beliung di Pulau Jang, Desa Jang Kecamatan Moro, Selasa (22/5). Besaran bantuan yang diberikan bervariasi tergantung kondisi kerusakan rumah masing-masing, mulai dari Rp14 juta untuk rusak berat sampai kepada Rp3 juta rusak ringan.

“Sumber dananya diambil dari pos bantuan bencana yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Karimun tahun 2018. Sudah teralokasi dan itu akan diperuntukkan jika terjadi musibah bencana atau kejadian tidak terduga,” kata Rafiq.

Menurut dia, anggaran telah disiapkan untuk mengantisipasi kejadian luarbiasa seperti bencana tanah longsor, banjir, kebakaran, kapal tenggelam dan lainnya. Anggaran itu dialokasikan untuk setahun yang bisa di berikan berdasarkan usulan dari desa dengan diketahui camat yang disampaikan ke Dinas Sosial dan diajukan kepada bupati.

Baca Juga :   Warga Kundur yang Hilang di Laut Ditemukan Meninggal

Total dana bantuan yang disalurkan menurut Rafiq mencapai Rp100 juta untuk para korban puting beliung itu. Masih menurut Rafiq, pemerintah daerah tidak dapat membantu secara keseluruhan perbaikan rumah warga yang terkena musibah angin puting beliung beberapa hari kemarin, namun hanya berdasarkan anggaran yang dialokasikan.

“Dalam aturannya tidak disebutkan bantuan ini diperuntukkan untuk apa. Jadi setelah diserahkan maka masyarakat penerima harus memanfaatkan sebaik mungkin sesuai kerusakan atau kebutuhan mereka akibat dari musibah yang dialami. Seperti misalnya saat ini kan untuk memperbaiki rumah mulai dari mengganti atap atau papan. Kalau bantuan sembako kan sudah diberikan oleh Pak Wakil Bupati beberapa hari kemarin,” jelas Rafiq.

Baca Juga :   Ahmad Dhani Dituntut Penjara Dua Tahun

Ssalah seorang penerima bantuan, Enab (63) mengaku kondisi rumahnya rusak parah pada bagian atap di tiga ruangan kamar yang rusak tak bersisa.

“Alhamdulillah, kami terbantu sekali. Bantuan ini akan saya gunakan untuk membeli atap, jadi semua kamar bisa diberikan atap lagi,” katanya.

Penulis : Abdul Gani

Editor   : Joko Sulistyo