pelantar.id – Ketika memutuskan berkunjung ke kota-kota modern di dunia, hal yang perlu dipertimbangkan adalah biaya hidup di kota tersebut. Terutama untuk Anda yang berkeinginan menetap dalam waktu yang lama.

Seperti diketahui ada banyak kota di dunia yang memiliki standar biaya hidup yang sangat tinggi. Di antaranya berada di kawasan Asia.

Berdasarkan 30 tahun survei tahunan Economist Intelligence Unit, terdapat tiga kota yang berada di peringkat teratas sebagai kota termahal di dunia. Dilansir dari laman BBC, Paris berada di peringkat teratas bersama dengan Singapura dan Hong Kong.

Survei ini membandingkan jumlah biaya hidup dari 133 kota yang ada di dunia. Ibukota Prancis tahun lalu menduduki posisi kedua saat ini menjadi kota termahal pertama bersama Singapura, dan Hong Kong.

Baca Juga :   Selandia Baru Menjadi Negara dengan Paspor Terkuat Saat Pandemi

Penulis, Roxana Slavcheva mengatakan, Paris telah menjadi salah satu dari 10 kota termahal yang ada di dunia sejak 2003, dan ini menjadi kota yang sangat mahal untuk ditinggali.

Sebagai contoh, Biaya potong rambut saja di kota ini mencapai USD 119,04 atau Rp 1,6 juta (Kurs USD 1 = Rp 14.228). Harga ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Zurich yang mencapai USD 73,97 setara Rp 1 juta dan Osaka USD 53,46 atau Rp 760 ribu.

“Kota-kota di Eropa cenderung memiliki biaya tertinggi dalam kategori rumah tangga, perawatan pribadi, rekreasi dan hiburan, dan Paris menjadi wakil dari Eropa yang mencerminkan kemahalan biaya hidup benua ini,” ujar Slavcheva.

Baca Juga :   Tujuh Pemuda Kepri Explore Indonesia Bersama Tim JNSP

Kota-kota lainnya selain Paris, seperti Hong Kong dan Singapura saja juga tercatat sebagai kota dengan biaya hidup tertinggi. Berikut daftar kota-kota di dunia dengan biaya hidup tinggi.

Singapura (Singapura)

Paris (Prancis)

Hong Kong (China)

Zurich (Swiss)

Jenewa (Swiss)

Osaka (Jepang)

Seoul (Korea Selatan)

Kopenhagen (Denmark)

New York (AS)

  1. Tel Aviv (Israel)
  2. Los Angeles (AS)

sumber: liputan6.com