Pelantar.id – Bagi Anda penggemar kucing tentu tak asing dengan jenis kucing oranye. Biasanya gampang ditemukan di lingkungan tempat tinggal.

Tapi tahukah Anda bahwa ada yang beranggapan bahwa kucing oranye adalah kucing yang ramah sekaligus penyayang. Benarkah demikian?

Mungkin banyak streotip yang diberikan penggemar kucing untuk kucing satu ini. Namun, kita bisa mengaitkan beberapa fakta jika kucing jenis ini benar-benar memiliki tingkah penyayang.

Dikutip dari Pyschology today bahwa kucing oranye yang ramah lebih mengarah pada kucing berkelamin jantan. Seorang peneliti bernama Pontier dkk. (1995) melakukan penelitian yang meneliti frekuensi varian gen oranye di antara populasi kucing, menemukan bahwa kucing oranye mungkin berbeda dari kucing lain dalam beberapa cara.

Baca Juga :   Feri MV Batavia Tabrak Tanker, Satu Penumpang Terjatuh ke Laut

Kecenderungan Kucing Oranye

foto pinterest

Untuk melakukan penelitiannya, para peneliti mengambil sampel dari 30 populasi kucing di Prancis dari tahun 1982-1992, mengumpulkan data dari 56-491 kucing dari setiap populasi. Mereka menemukan tiga tren menarik terkait kucing oranye.

1. Kucing oranye lebih umum ditemukan di pedesaan daripada perkotaan. Di pedesaan kucing orange lebih gampang berproduksi.

Di lingkungan pedesaan, sistem perkawinan kucing lebih bersifat poligini, artinya meskipun kucing jantan cenderung kawin dengan banyak kucing betina, betina cenderung kawin hanya dengan satu kucing jantan.

Sedangkan di lingkungan perkotaan, baik kucing betina maupun jantan memiliki banyak pasangan.

2. Kucing oranye lebih jarang ditemukan di daerah dengan risiko kematian lebih besar yang memicu perkelahian dengan kucing lainnya.

Baca Juga :   Ini Syarat Pendaftaran PPDB Tingkat SD dan SMP di Batam

Terutama di lingkungan perkotaan, sifat kompetitif kucing jantan oranye dapat meningkatkan risiko kematiannya (misalnya, melalui perkelahian dengan kucing atau hewan lain), sehingga menurunkan proporsi kucing oranye.

3. Kucing oranye menunjukkan dimorfisme seksual yang lebih besar. Jantan oranye memiliki berat lebih dari kucing warna lain, dan betina oranye memiliki berat kurang dari kucing warna lain. Pola ini telah didokumentasikan sebelumnya di Australia.

Sayangnya, studi ini mengidentifikasi beberapa ciri unik kucing oranye, namun tidak menjelaskan mengapa kucing oranye lebih bersahabat dengan manusia.

Mungkin kucing oranye jantan, karena status dominan dan kepribadiannya yang berani, merasa lebih nyaman mendekati manusia yang kerap membuat takut kucing pemalu.

Baca Juga :   2.000 Paket Sembako untuk Masyarakat Batam

 

psychologytoday