Pelantar.id – Kyocera DuraXV adalah jenis ponsel lipat yang dapat dibersihkan dengan mudah bahkan, dengan sabun sekalipun. Namun jenis sabun yang digunakan adalah sabun ringan yang tidak mengandung banyak detergent seperti sabun bayi.

Selain itu, ia juga bisa dibersihkan dengan tisu basah atau carian berbasis etanol 70 persen atau alkohol isopropyl.

Bentuknya memang masih jadul dengan mekanisme lipatan clamshell atau menyerupai cangkang kerang dan bukan ponsel yang menyediakan banyak fitur. Lebih mengunggulkan ketangguhan, bukan kecanggihan.

Salah satu buktinya adalah sertifikasi standar militer MIL-SPEC 810G yang artinya, tahan akan debu, guncangan, getaran, suhu ekstrem, hujan, tekanan rendah, radiasi matahari, kelembaban, dan hujan es.

Baca Juga :   Dimasuki Air Laut, Waduk Gesek Bintan Kini Rasa Payau

Belum cukup, ponsel ini juga diklaim tahan banting saat dijatuhkan dari ketinggian 1,5 meter. Didesain lawas termasuk tombol fisik dan bentang layar ponsel yang tak luas yakni 2,6 inci.

Sementara sertifkat IP68 bisa menahan debu dan air di kedalaman dua meter dala waktu 30 menit, dirangkum KompasTekno dariSlash Gear, Jumat (17/4/2020).

Ponsel ini di jalankan dengan sistem operasi Android open-source yang di dalamnya terdapat aplikasi browser, e-mail, navigasi, dan perpesanan.

Sementaranya baterainya dapat lepas-pasang (removable) 1.530 mAh yang diklaim tahan hingga 18 hari. Pada bagian belakang, terdapat kamera beresolusi 5 MP dan juga sebuah LED flash.

Chip yang digunakan adalah MSM8909 dengan kecepatan 1.1 GHz. Ponsel ini memiliki kapasitas RAM 2 GB dan internal 16 GB.

Baca Juga :   Gencarkan Sport Tourism, Batam Gelar Trail Run 5 Km

Kyocera DuraXV memang bukan ditargetkan untuk pasar umum. Ia lebih diperuntukan bagi mereka yang sering bekerja lapangan di medan yang cukup berat. Harganya sendiri dipatok 240 dollar AS (Rp 3,7 juta).

kompas.com