Pelantar.id – WHO mencatat hampir 80 ribu kasus virus corona yang menginfeksi warga China dan merebak ke 44 negara lainnya dan menyebabkan lebih 2.700 kematian.

Hampir setiap benua terpapar virus corona kecuali Antartika. Setiap negara segera melakukan langkah-langkah untuk merespon virus ini agar tidak merebak luas.

Berikut ini ada berbagai langkah yang dilakukan banyak negara yang mungkin bisa kita terapkan di Indonesia. Berikut dilansir dari BBC Indonesia, Rabu 4 Maret 2020.

Pembersihan Transportasi Umum

Korea Selatan, Italia dan Iran melakukan pembersihan secara massal di dalam kereta, bus, dan stasiun karena orang yang menggunakan transportasi umum selama wabah flu hingga enam kali lebih mungkin terkena infeksi pernapasan akut.

Menghindari Keramaian

Pemerintah Jepang meminta masyarakat untuk menghindari kerumunan besar atau menarik banyak orang seperti pertandingan olahraga, adalah tempat potensi penularan, dan sudah merasakan dampak virus corona.

Baca Juga :   Kepri Berharap 20 Pulau Disetujui Masuk KEK

China mengambil langkah menangguhkan Grand Prix Formula Satu. Enam pertandingan Liga Champions Asia juga ditunda, memengaruhi empat tim Iran.

Di Eropa, pertandingan rugby dan sepak bola yang melibatkan tim Italia ditunda.

Acara keagamaan

Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka menghentikan sementara perjalanan umrah dari luar negeri ke kota suci Mekah dan Madinah.

Sekolah

Di negara-negara seperti Jepang, Thailand, Iran dan Irak, sekolah dan universitas telah ditutup sementara untuk menghadapi wabah tersebut.

Siswa-siswa diperintahkan pulang dari sekolah di beberapa negara termasuk Thailand, Iran, Irak, Italia, dan Inggris.

Kantor

Pemerintah di beberapa negara memerintahkan perusahaan untuk mendorong para pegawai bekerja dari rumah. Virus corona berdampak pada praktik bisnis di beberapa pusat teknologi paling penting di dunia.

Di San Diego dan San Francisco, yang keduanya telah menyatakan situasi darurat, karyawan disarankan untuk tidak berjabat tangan dengan pengunjung ke perusahaan mereka.

Baca Juga :   Indonesia Kuasai Pasar Ikan Tuna Dunia

Kesadaran Publik

Kesadaran mengambil tindakan dari diri sendiri sangat penting dilakukan misalnya dengan membiasakan mencuci tangan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mencegah penyebaran coronavirus, setiap orang harus:

-Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin
-Menghindari kontak dengan orang yang memiliki gejala penyakit pernapasan
-Menghindari kontak tanpa perlindungan dengan hewan liar atau hewan ternak hidup.

Rumah Sakit

Karena tidak ada pengobatan atau penyembuhan untuk virus corona baru, rumah sakit berusaha untuk meringankan gejala. Mereka disarankan agar menempatkan pasien dalam isolasi dan memastikan para staf mengenakan pakaian pelindung saat berhadapan dengan kasus potensial.

Kebijakan isolasi

Di Inggris, orang yang bepergian dari daerah yang terkena dampak diminta untuk melakukan karantina sendiri. Kota Wuhan di Cina, pusat dari wabah ini, masih terisolasi, begitu pula kota yang paling terdampak di Italia utara.

BBC Indonesia