pelantar.id – Beberapa tahun belakangan kopi digandrungi, terlebih mempengaruhi anak muda. Boleh dibilang karena mengikuti tren atau sebaliknya benar-benar jatuh cinta pada kopi.

Kopi bukanlah tanaman langka di Indonesia dan masyarakat Indonesia bukan baru-baru ini menyukai kopi. Kita tahu kebiasaan masyarakat Indonesia suka menyeduh kopi di warung-warung. Perbedaannya dengan sekarang adalah cara menyantap kopi tersebut.

Belakangan banyak muncul kedai kopi modern ala cafe yang menawarkan peracikan kopi ala barista. Mungkin Anda akrab dengan espresso, cappucino, long black, vietnam drip dan sebagainya. Seberapa kenal Anda dengan kopi yang Anda minum?

Indonesia sebagai negara dengan iklim yang cocok untuk tanaman yang dibawa oleh penjajah Belanda ini. Beragam jenis kopi dapat hidup dengan baik.

Wajar setiap daerah menawarkan rasa kopi yang berbeda-beda. Ada yang beranggapan, rasa kopi sangat dipengaruhi oleh cuaca dan ketinggian di mana ia bertumbuh.

Untuk mengenal kopi lebih dekat, berikut pelantar.id rangkum jenis-jenis kopi yang ada di Indonesia yang dirangkum dari liputan6.com.

Kopi Sumatera

Jenis kopi di Indonesia yang paling juara adalah Kopi Sidikalang, Kopi Lintong dan Kopi Mandheling, jenis kopi ini yang paling dikenal dari Pulau Sumatera. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik karena dengan karakteristik aroma rempah dan juga earthy. Dengan tekstur halus dan berbau tajam yang khas, kopi-kopi Sumatera menjadi salah satu kopi terlaris di dunia.

Kopi Sulawesi

Jenis kopi di Indonesia yang paling dikenal dari Sulawesi adalah Kopi Toraja. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadi salah satu ciri khas dari Kopi Toraja. Meskipun sedikit mirip dengan kopi-kopi dari Sumatera, aroma yang dihasilkan kopi Toraja memiliki kekhasan sendiri. Keunikan itulah yang diminati oleh para pecinta kopi seluruh dunia.

Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi Arabica terbaik di seluruh dunia. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Jenis kopi ini memiliki aroma yang sangat tajam. Meskipun memiliki citarasa pahit, namun ada rasa gurih yang diberikan setelah usai meneguk kopi ini.

Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Jenis kopi di Indonesia ini sangat unik dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Dengan proses penanaman tumpang sari seperti ini, kopi Bali Kintamani memiliki aroma segar dengan citarasa lebih lembut dibanding kopi nusantara lainnya.

Baca Juga :   Selamat Tinggal Tombol 'Back' Android

Kopi Papua Wamena

Jenis kopi dari timur Indonesia ini ditanam pada ketinggian 1.200 m menghasilkan citarasa ringan dengan aroma yang tajam. Hal yang paling istimewa dari kopi ini karena ditanam secara organik, tanpa campur tangan bahan kimia apapun. Jika kamu menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas maka kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang tepat.

Kopi Flores Bajawa

Jenis kopi di Indonesia ini dihasilkan dari Kabupaten Ngada. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau merupakan citarasa yang diberikan pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Kopi Jawa

Jawa termasuk satu dari lima pulau terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar nusantara. Jawa terkenal dengan kopi Arabika. Jenis kopi di Indonesia ini tumbuh dengan baik pada suhu 16 hingga 20 derajat Celcius atau berada pada ketinggian di atas 1.500 meter. Kopi Jawa juga dikenal sebagai salah satu kopi dengan umur terbaik di dunia karena bisa disimpan selama dua sampai tiga tahun. Hal itu jugalah yang membuat kopi ini memiliki rasa yang kuat.

Kopi Luwak

Jenis kopi di Indonesia ini amat erat kaitannya dengan sejarah produksi kopi di Indonesia. Pada awal abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di pulau-pulau Hindia Belanda baik di Jawa maupun Sumatra, salah satunya jenis Arabika yang diperkenalkan dari Yaman. Selama era Tanam Paksa (1830-1870), Belanda melarang petani pribumi untuk menanam kopi untuk keuntungan sendiri. Meski begitu, petani pribumi ingin mencicipi minuman kopi yang terkenal. Mereka akhirnya mengetahui bahwa beberapa jenis musang atau disebut luwak mengkonsumsi buah kopi, namun luwak meninggalkan biji kopi yang belum tercerna dalam kotorannya.

Petani pribumi mengumpulkan kotoran biji kopi luwak, membersihkannya, memanggang, serta menggilingnya untuk menjadikannya minuman kopi buatan mereka sendiri. Ketenaran kopi luwak beraroma ini menyebar dari petani dan penduduk pribumi ke pemilik perkebunan Belanda dan segera menjadi favorit. Hingga kini, kopi jenis ini menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi Luwak bahkan sudah mahal sejak masa penjajahan tersebut.

Kopi Arang

Jenis kopi yang satu ini merupakan jenis kopi asli Indonesia yang berasal dari Jember dan merupakan yang terbesar setelah kota Malang. Cara atau proses pembuatan Kopi Arang juga cukup unik yaitu dengan cara digosongkan, tapi rasanya tidak terlalu pahit. Kopi yang menjadi salah satu kopi terbaik di Jawa yang juga disebut ‘Java Jampit’ ini memiliki keunikan tersendiri setelah diseduh yaitu memiliki aroma mirip cabai.

Baca Juga :   Pelatihan AJI-UNICEF Tekankan Anak Berhak Untuk Sehat

Kopi Lanang

Salah satu kopi yang populer asal Indonesia lainnya adalah Kopi Lanang. Dalam bahasa Jawa, ‘lanang’ itu artinya laki-laki. Kenapa dinamakan seperti itu? Karena dipercaya kopi ini bisa menambah vitalitas para pria. Kopi yang banyak diproduksi di daerah Jawa Timur ini punya kadar kafein yang cukup tinggi sehingga membuat penikmatnya tak akan merasa ngantuk. Kopi ini bahkan dikenal sampai ke daratan Amerika karena bentuk biji yang bulat dan juga kadar kafeinnya yang tinggi itu.

Kopi Preanger

Kopi Preanger ini merupakan salah satu jenis kopi di Indonesia dari Jawa yang sangat terkenal di dunia. Eksistensi kopi Preanger ini sudah ada sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Rasanya yang sangat khas dan nikmat, membuat kopi Java Preanger terkenal di Eropa dan bahkan saking terkenalnya mereka sering menyebutnya ‘secangkir Jawa’ (a cup of Java) cuma sekedar untuk mengartikan secangkir kopi.

Kopi Flores

Salah satu kopi asli Indonesia yang memiliki kualitas tinggi adalah Kopi Flores. Kopi Flores ini bisa keluar sebagai jenis kopi di Indonesia yang terbaik, baik jenis Arabika maupun Robusta, karena saat ini Kopi Flores sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu jenis kopi premium yang banyak dicari oleh para penikmat kopi di dunia. Kopi ini memiliki rasa yang begitu spesifik. Citarasa khas yang keluar dari Kopi Flores ini dipengaruhi dari tempat dimana kopi ini tumbuh. Selain itu, yang membuat kopi ini beda adalah citarasa asam yang murni dan bernuansa lemon serta harum saat dihirup.

Kopi Lampung

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu jenis kopi di Indonesia terbaik Indonesia karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah jenis Kopi Robusta. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung di dataran tinggi Lampung merupakan perkebunan rakyat yang terpusat di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.