pelantar.id – Masa kini, melihat anak-anak memegang dan memainkan gadget mungkin bukan hal yang aneh lagi. Kondisi ini sering dikeluhkan para orang tua. Pasalnya, si anak suka lupa waktu. Mereka terlihat sangat fokus, dan kerap acuh pada lingkungan sekitar.

Nah, bagi Anda orang tua, mumpung saat ini sedang libur sekolah, yuk, kita tumbuhkan minat anak dalam menulis tangan. Menurut Sally Payne, ahli Pediatric dari Heart of England Foundation NHS Trust, terlalu sering memainkan gadget bisa menyebabkan anak yang baru masuk sekolah dasar tidak memiliki ketangkasan dan kekuatan otot tangan untuk memegang pensil dan alat tulis lainnya. Hal ini erat kaitannya dengan menurunnya kebiasaan menulis.

Padahal, menulis dengan tangan memiliki banyak manfaat yang anak butuhkan di periode tumbuh kembangnya, lho. Pakar edukasi anak dari Wahana Visi Indonesia, Nurman Siagian mengungkapkan, menulis dengan tangan dapat mengasah berbagai keterampilan pada saat yang bersamaan, seperti berpikir kritis dan motorik, sehingga bermanfaat meningkatkan daya ingat, kreativitas, dan kecerdasan anak.

Berikut adalah beberapa tips bagi orang tua dalam dalam mengisi libur sekolah dengan kegiatan menulis bersama anak.

Baca Juga :   Wisata Kepri Coral Lengkap dengan Undersea Aquarium Berpanorama Laut

1. Menulis Surat
Menulis surat di secarik kertas sudah semakin jarang dilakukan seiring perkembangan teknologi. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak anak untuk menulis surat. Isi surat bisa berupa ungkapan sayang kepada orangtua, kakak atau adik, atau nenek dan kakek. Setelah itu, minta anak untuk menyelipkannya di pintu kamar orang yang dituju.

2. Memo Kecil
Ajak anak untuk menulis nama benda yang ia sukai, misalnya ‘mobil balap’, ‘bola’, dan sebagainya. Minta anak untuk menuliskannya di kertas memo warna-warni, lalu tempelkan di salah satu dinding rumah atau kulkas. Tugas orangtua adalah membuat gambar dari setiap nama benda yang ditulis anak. Lakukan setiap hari selama waktu libur sekolah, dijamin anak akan mendapatkan pengalaman yang unik.

3. Menulis Buku Harian
Libur sekolah yang tak berjarak lama dari libur lebaran pastinya masih menyisakan kenangan mudik atau silaturahmi dengan keluarga. Ajak anak untuk menceritakan perjalanan mudiknya lewat tulisan. Anda bisa membantu memberikan buku jurnal atau diary yang menarik untuk menambah semangat anak memulai jurnal pribadinya.

Baca Juga :   Vaksin Covid-19 Berbayar Dibatalkan

4. Menulis Dongeng di Buku
Bosan dengan buku dongeng yang ada di rumah? Mumpung waktu libur sekolah, Anda bisa mengajak anak untuk menulis dongeng versi dirinya sendiri. Anda bisa menjadi teman diskusi untuk mendukung anak mengembangkan idenya. Setelah itu biarkan ia berkreasi dan menuangkan imajinasinya di atas buku. Setelah selesai, Anda bisa membaca dongengnya bersama anak sebelum tidur.

5. Menulis di Tempat Wisata
Menulis di tempat wisata kedengarannya seru juga, ya? Ajak anak jalan-jalan ke tempat wisata, dan jangan lupa bawa buku dan alat tulis. Sambil menikmati udara segar, minta anak untuk menulis nama-nama benda yang ia lihat atau temui di tempat wisata, serta kegiatan yang ia lakukan di sana.

Bagaimana, tertarik untuk melakukan satu dari lima tips di atas? Selain dapat menumbuhkan minat menulis anak yang akan bermanfaat bagi pertumbuhan dan kecerdasannya, menulis juga bisa menjadi cara untuk menghindari pemakain gawai berlebihan pada anak.

Sumber : Suara.com