Facebook saat ini sedang mempertimbangakan untuk menghilangkan tombol like seperti yang saat ini sedang dikaji Instagram. Pertimbangan untuk menghilangkan ‘like’ disebut-sebut karena pertimbangan faktor psikologis pengguna.

Jika langkah ini diambil tentunya akan mengejutkan, karena like menjadi andalan user untuk menunjukkan keeksisan diri mereka di media sosial. Like tidak disematkan lagi di bagian feed Facebook.

Dikutip detikINET dari Tech Crunch, alasan lain yang dipertimbangkan Facebook berencana menyembunyikan Like di halaman News Feed juga bertujuan agar user tidak merasa iri atau membandingkan postingan mereka dengan user lain yang punya banyak Like. Itu sama dengan tujuan Instagram menyembunyikan Like.

Adalah pengamat teknologi asal Taiwan, Jane Manchun Wong, yang pertama kali memergoki Facebook membuat prototipe yang menyembunyikan Like di aplikasi Android. Ketika dikonfirmasi oleh Tech Crunch, pihak Facebook membenarkan bahwa mereka tengah mempertimbangkan uji coba rencana itu.

Baca Juga :   Pemprov Kepri Pertimbangkan Kenaikan Gaji Honorer

Facebook sepertinya akan berhati-hati dan bisa jadi melakukan pembatalan jika tidak disukai user atau berdampak buruk secara bisnis. Dengan kata lain, rencana ini belum final.

Facebook juga menyatakan saat ini user sama sekali belum mengalami perubahan itu karena masih dalam tahap awal. Mereka tidak mau membeberkan kapan uji coba akan dilakukan dan apa motif utamanya.

Instagram sendiri dsudah menggelar uji coba di 7 negara yakni di Kanada, Brasil, Australia, Selandia Baru, Irlandia, Italia dan Jepang. Dengan banyaknya uji coba, kemungkinan Instagram menganggapnya sukses dan bisa jadi diimplementasikan secara luas.

 

sumber: detik.com