pelantar.id – Bagi yang sudah menikah, memiliki mertua yang menyenangkan, tentu saja tak ada masalah. Tapi bagaimana jika punya mertua yang perilakunya menyebalkan?

Harus disadari, mertua bukan hanya orangtua pasangan kamu, tapi mertua juga adalah orangtua bagi diri kamu sendiri. Karena itu, tetap hargai dan hormati mereka, meski perilakunya terkadang menyebalkan dan rasanya sulit untuk menghadapinya.

Mungkin, hal itu tak akan berjalan mudah. Namun, kamu bisa menghadapi sikap mertua tanpa menyakiti perasaan pasangan. Berikut lima cara yang disarankan untuk menghadapi mertua yang menyebalkan:

1. Amati dan berempati

Tidak cukup hanya dengan mendengar satu sisi cerita mengenai mertua hanya dari pasangan kamu saja. Sebaiknya, kamu mengenali sikap dan kepribadian mereka melalui observasi sendiri.

Selama mengamati mertua, kamu harus menggunakan perasaan kasih dan empati. Dengan demikian, penilaian kamu tidak kabur.

Baca Juga :   Ribuan Ton Bahan Peledak Luluh Lantakkan Kota Beirut

2. Ceritakan pandangan kamu pada pasangan

Kamu sebaiknya harus adil dalam memandang mertua. Jangan pandang dengan perspektif pasangan sendiri maupun orang lain.

Namun, pastikan untuk menceritakan soal pengamatan kamu pada pasangan ketika pasangan sudah yakin bahwa kamu benar-benar mendukungnya. Setelah itu tawarkan padanya pandangan dan pemikiran kamu mengenai cara menghadapi mertua.

3. Meningkatkan kasih dan penerimaan dalam hubungan keluarga

Semakin lengket dan melekat kamu pada pasangan, akan membuat mertua dapat melihat bahwa cinta akan memenangkan pertandingan. Apabila mertua selama ini sering turut campur dalam hubungan, bisa jadi karena mereka merasa kamu dan pasangan kurang dewasa dalam menjalin rumah tangga.

Maka, tunjukkan padanya bahwa kamu dan pasangan dapat mandiri dan bertanggung jawab dalam pernikahan.

Ilustrasi, menjalin hubungan harmonis dengan mertua

4. Menghormati dan menghargai

Baca Juga :   Pabrik Rokok, Investasi Pertama di Kawasan FTZ Tanjungpinang

Sekalipun kamu dan pasangan tidak menyukai sikap dan perilaku mertua, tetaplah hargai dan hormati mereka. Menghomati misalnya dengan mau mendengar opini atau pendapat mereka.

Meskipun bisa saja kamu tidak setuju dengan pandangannya, jangan pernah merendahkan atau meremehkan mereka. Tetapi kalau karena ini mereka tidak menghargai kamu, minta dengan sopan agar mereka menghentikan apa yang mereka perbuat.

5. Jadilah tim dengan pasangan

Apapun yang terjadi, ingatlah bahwa kekuatan terrbesar yang bisa kamu miliki adalah ketika bersatu dengan pasangan. Pastikan untuk saling mendukung satu dengan lainnya dalam keadaan apapun ketika mertua mengulah.

Intinya hadapi mertua yang menyebalkan bersama dengan pasangan kamu. Ingat, jangan berjalan sendirian.

Sumber : Tempo.co