Pelantar.id – Tak perlu keluar negeri untuk mendapatkan foto menantang, seperti berfoto sambil berenang bersama hiu paus. Aktivitas ini sudah banyak dilakukan para selegram. Seram gak ya?

Hiu paus (Rhincodon typus) merupakan salah satu spesies hiu yang bukan pemangsa. Jenis Hiu Paus ini adalah pemakan plankton terbesar di lautan. Kebiasaanya adalah menyaring air laut seperti kebanyakan jenis paus.

Di Indonesia jenis hiu paus ini juga dapat ditemukan. Penasaran kan? simak tempat-tempat berikut yang memungkinkan Anda berfoto bersama Hiu Paus.

1. Teluk Cendrawasih, Papua

Tempat ini berlokasi di Papua menjadi rute migrasi hiu paus di Indonesia. Wisatawan diharuskan untuk menyelam menggunakan perlengkapan selam yang lengkap agar bisa bertemu hiu ini.

Baca Juga :   Cara Aman Naik Pesawat Saat Pandemi

Di Teluk Cenderawasih jenis binatang laut lainnya seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu ridley pasifik, dan penyu belimbing yang langka.

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada Mei hingga Oktober.

2. Perairan Lembata, Flores

Berlokasi di Perairan selatan Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di Pulau Lembata. Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis Hiu Paus karena Flores Timur dan Alor adalah jalur migrasi bagi 18 jenis spesies paus, diantaranya paus biru (Balenoptera mausculus), paus sperma (Physter macrocephalus), dan hiu paus.

3. Pantai Batubarani, Gorontalo

Anda dapat menyewa perahu nelayan untuk melihat hiu lebih dekat. Biasanya nelayan yang menjadi pemandu akan memancingnya dengan beberapa bungkus kulit udang.

Baca Juga :   Psikolog: Kurang Tidur Picu Emosi Negatif dan Stres

Harga sewa perahu pada tahun 2017 sekitar Rp 15.000 per orang, sedangkan kulit udang dijual dengan harga Rp 10.000 per bungkus.

4. Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Perairan Wakatobi merupakan surga bawah laut yang memiliki keanekaragaman biota laut warna-warni. Setiap bulan November saat belahan bumi lain sedang membeku, biasanya kawanan paus sperma akan datang ke perairan Laut Wakatobi yang lebih hangat.

5. Perairan Talisayan, Berau, Kalimantan Timur

Perairan calon ibukota baru Indonesia juga menjadi jalur perlintasan bagi hiu paus. Tepatnya berada di perairan wilayah Talisayan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Hiu paus akan muncul ke permukaan sekitar pukul 08.00 pagi untuk mencari makan. Berangkat lebih bagi sangat dianjurkan.

Baca Juga :   Wisata Bali Membaik, Pengujung Meningkat Dua Kali Lipat

sumber: phinemo