pelantar.id – Hobi memancing ikan, sering disebut banyak orang sebagai kegiatan yang membuang-buang uang dan waktu. Sangkaan itu muncul karena para pemancing sering menghabiskan waktunya hingga berjam-jam, menunggu sambaran ikan di mata kail.

Sebagian orang bahkan heran, mengapa seorang pemancing rela mengeluarkan uangnya untuk membeli perangkat mancing dengan harga hingga jutaan rupiah. Belum lagi biaya lain yang harus disiapkan saat hendak memancing seperti, membeli umpan, perbekalan konsumsi, dan lainnya.

Padahal, hasil (ikan) yang didapat kerap tak sebanding dengan uang yang telah dikeluarkan. Padahal jika uang itu dibelikan ikan di pasar, bisa dapat banyak dan bebas pilih mau ikan yang bagaimana.

Soal banyaknya waktu yang habis untuk menunggu, memang benar. Namun, jangan salah, selama menunggu itu sebenarnya juga banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan pemancing sehingga bermanfaat bagi dirinya.

Sisi lainnya, mungkin orang-orang tersebut alpa, bahwa ada perasaan bahagia yang menghinggapi si pemancing ketika melakukan aktivitas memancing. Hobi, dan kebahagiaan itulah yang sulit diukur dengan uang. Berikut lima manfaat yang bisa diperoleh dalam memancing:

1. Perasaan Bahagia

Kalau Anda belum pernah memancing, cobalah. Bisa jadi, Anda bakal merasakan nikmatnya.

Bagi seorang pemancing, saat-saat paling menyenangkan adalah ketika umpan di mata kail mendapat sambaran ikan. Tak penting apakah ikan tersebut akhirnya bisa landed atau tidak.

Perasaan bahagia semakin membuncah tatkala ikan benar-benar menyangkut di mata kail. Joran yang melengkung, putaran reel yang berderit sebagai tanda ada perlawanan dari ikan, membuat hati berdebar gembira.

Apalagi kalau saat itu ada pemancing lain di sekitar Anda, maka suasana akan semakin riuh. Sungguh, itu akan memberi warna baru dalam hari-hari Anda yang sulit dilupakan.

Ilustrasi. Memancing ikan bisa mendatangkan kegembiraan dan menghilangkan stres.
(PELANTAR.ID)

2. Menghilangkan Stres

Jika Anda sangat sibuk bekerja mencari nafkah, sebaiknya Anda mencoba pergi memancing. Percaya atau tidak, memancing diyakini bisa menjadi salah satu obat stres.

Mulai hari Senin hingga Jumat, bahkan banyak pula orang yang di akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu yang masih disibukkan oleh urusan pekerjaan. Akibatnya, tak sedikit yang akhirnya merasa tertekan, stres.

Itu sangat tidak baik untuk kesehatan, dan dampaknya juga bisa menular pada gangguan masa depan Anda. Maka, jangan ragu, cobalah pergi memancing. Tak perlu jauh-jauh.

Baca Juga :   Kenaikan Gaji PNS Dirapel April 2019

Anda bisa pergi ke kolam pemancingan, ke sungai atau ke pantai. Para penghobi mancing, sudah paham betul soal ini. Bagi para angler, memancing bisa menjadi obat penangkal stres.

Memancing bisa membuat kita santai jiwa dan raga. Sambil menunggu umpan dimakan ikan, kita bisa melakukan aktivitas lain seperti membaca buku, menikmati pemandangan sekitar atau membangun hubungan sosial dengan pemancing lain.

Saat Anda mendapat ikan, percayalah, itu akan membuat hati gembira. Tak peduli jenis dan ukuran ikan yang didapat.

Dengan pergi memancing, berarti Anda juga sedang berpiknik. Mengapa para pemancing sangat menikmati aktivitas ini? Karena mereka tahu, bakal datang ke tempat-tempat yang baru, tempat cantik yang mungkin saja belum terjamah atau belum pernah didatangi manusia.

Para pemancing sangat paham tempat-tempat yang nyaman untuk memancing. Baik itu tempat yang banyak ikan, ataupun tempat yang indah pemandangan alamnya.

Ini bisa menjadi satu petualangan yang seru. Selalu saja ada cerita yang menarik dari para pemancing sepulangnnya mereka dari memancing ikan.

3. Melatih Konsentrasi dan Kesabaran

Jangan Anda mengira kalau memancing ikan itu gampang, tinggal lempar umpan lalu menunggu umpan itu dimakan ikan, dan ikan pun didapat. Ada tahapan agar kita mendapatkan hasil akhir.

Memancing itu butuh kesabaran tingkat tinggi. Itulah sebabnya banyak orang yang sudah “menyerah” lebih dahulu saat pertama kali menjalani kegiatan ini. Itu karena ia tidak sabar menunggu, tidak sabar lantaran umpannya tak kunjung dimakan ikan.

Pelajaran yang bisa dipetik dari memancing adalah, kita dapat melatih kesabaran. Bahwa kita harus sabar dalam setiap melakukan usaha atau melangkah dalam kehidupan ini.

Memancing ikan juga bisa melatih konsentrasi. Anda harus bisa menentukan kapan waktu terbaik yang tepat untuk mengangkat joran, atau menggulung tali senar. Kapan saat yang pas untuk menyentakkan mata kail agar ikan benar-benar tersangkut dan bisa landed.

Ketika Anda sudah melemparkan umpan ke dalam air, selain harus sabar menunggu, Anda juga musti berkonsentrasi. Anda dituntut konsentrasi, agar lemparan umpan jatuh ke lokasi yang tepat, ke tempat yang kira-kira ikan bakal melihat dan memakan umpan tersebut.

Baca Juga :   Twitter Tambahkan Notifikasi untuk Bantuan Kekerasan Berbasis Gender

Selain itu, tentu saja, Anda tak boleh melupakan doa. Bukan hanya saat memancing, dalam menjalani aktivitas atau usaha lain pun, kita dianjurkan untuk selalu berdoa agar usaha yang kita lakukan membuahkan hasil.

4. Olah Raga dan Menambah Relasi

Mungkin banyak yang tidak menyadari, bahwa memancing juga termasuk olah raga ringan. Bagaimana bisa?

Saat kita memutuskan pergi memancing, pertama-tama kita harus menyiapkan segala peralatan termasuk umpannya. Menuju ke lokasi pemancingan itu tanpa disadari kita sudah berolah raga.

Mulai dari mengendarai sepeda motor atau mobil. Lalu turun dan berjalan ke lokasi pemancingan. Jangan lupa, saat berjalan itu kita juga membawa beban; alat pancing, perbekalan, tempat ikan dan lainnya.

Kemudian, sewaktu melemparkan umpan atau menarik ikan, kita juga sudah menggerakkan otot-otot tangan. Bukankah itu termasuk olah raga ringan?

Lalu, sembari menunggu ikan, kita juga bisa membangun hubungan sosial dengan para pemancing lain. Anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru, mengobrol berbagi cerita. Kita tidak pernah tahu, siapa dan apa pekerjaan pemancing lain yang ada di sekitar kita.

Bisa saja dia adalah seorang saudara jauh, atau teman dari sahabat kita. Atau, pemancing itu ternyata adalah bos dari sebuah perusahaan yang nantinya dapat memberi Anda tawaran pekerjaan yang menarik, atau hubungan kerja sama dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Tak ada yang tidak mungkin, bukan?

5. Terapi Kejiwaan

Sejumlah literatur menyebutkan, memancing sudah dipakai oleh beberapa rumah sakit di negara Eropa, salah satunya Skotlandia sebagai terapi untuk membantu orang-orang yang mengalami gangguan jiwa. Memancing dipercaya mampu menimbulkan perasaan tenang dan nyaman.

Dua rumah sakit jiwa di Skotlandia yakni Greater Glasgow dan Clyde menerapkan terapi memancing untuk pasien mereka. Selain membantu pasien gangguan jiwa menjadi lebih santai dan tenang, juga bisa mengurangi stigmatisasi dari lingkungan.

Menurut hasil studi mereka, memancing mampu merangsang otak bekerja lebih baik lagi. Selain mendatangkan perasaan nyaman, memancing juga meningkatkan daya konsentrasi.

*****

Editor : Yuri B Trisna