Pelantar.id Memiliki bentuk tubuh yang ideal sangat didambakan banyak wanita. Wajar wanita sangat mempermasalahkan berat badannya. Kegemukan maupun kekurusan menjadi kekuatiran tersendiri.

Masalah berat badan bukan saja menjadi masalah orang-orang gemuk. Banyak cara yang dilakukan seperti diet namun berat badan tak kunjung turun. Sementara bagi orang kurus, usaha makan dengan porsi yang cukup banyak ternyata juga tidak membawa solusi untuk menaikkan berat badan. Mengapa demikian?

Dikutip dari alodokter, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya, mengapa Anda sudah berusaha makan banyak namun tidak berdampak pada tubuh Anda.

Genetik atau keturunan

Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

Terlalu banyak beraktivitas

Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan susah naik. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika aktivitas berlebihan, misalnya olahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuh akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

Menderita penyakit kronis

Penyakit berat yang terjadi dalam jangka waktu panjang, dapat membuat berat badan kian turun. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kurus adalah infeksi tuberkulosis, diabetes, penyakit tiroid, AIDS, dan kanker.

Baca Juga :   Jackie Chan, Bruce Lee dan Once Upon a Time in Hollywood

Stres

Stres dapat memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kesulitan meningkatkan berat badan.

Untuk membantu menambah berat badan, berikut langkah-langkah yang bisa dicoba.

Menambah asupan kalori dari makanan sehat

Sebagai usaha awal, tidak perlu terlalu banyak mengubah pola makan. Mulailah dengan meningkatkan jumlah asupan kalori dengan menambahkan bahan makanan tertentu. Misalnya menambahkan keju ke dalam roti, atau menambahkan kentang dan telur puyuh ke dalam sup ayam.

Penuhi kebutuhan nutrisi

Anda bisa mencukupi kebutuhan kalori dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kentang, telur, alpukat, selai kacang, dan susu. Anda juga bisa menikmati camilan sehat di sela-sela waktu makan, misalnya roti, selai kacang, dan buah-buahan.

Makan dengan porsi kecil

Orang yang kurus dan kesulitan menambah berat badan biasanya lebih mudah kenyang dan sering tidak menghabiskan makanan. Maka untuk menambah kalori, Anda bisa membagi porsi makan menjadi lebih kecil, namun frekuensinya ditingkatkan menjadi 5-6 kali sehari. Dengan begitu, Anda bisa makan lebih banyak tanpa harus merasa kekenyangan.

Baca Juga :   Gojek Beri Pelatihan Keamanan Digital Bagi Mitra UMKM

Hindari minum terlalu banyak sebelum makan

Agar metabolisme tubuh berjalan optimal, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan, dengan cara minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun, hindari minum banyak air putih sebelum makan karena akan membuat Anda kenyang, sehingga tidak nafsu makan.

Rutin berolahraga

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, olahraga juga penting untuk menambah berat badan lho. Rutin berolahraga akan membantu meningkatkan massa otot, sehingga tubuh lebih bugar dan tampak berisi. Anda bisa melatih kekuatan otot dengan angkat beban atau melakukan olahraga renang, yoga, dan pilates.

Tidur berkualitas

Untuk menambah berat badan, upayakan Anda mencukupi waktu tidur dengan kualitas tidur yang baik. Tidur yang cukup bermanfaat untuk pertumbuhan otot-otot tubuh, sehingga dapat menambah berat badan.
Jika cara-cara menambah berat badan di atas tetap tidak berhasil, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter gizi. Dokter akan memberitahu cara menambah berat badan yang tepat untukmu.

sumber: alodokter.com