Pelantar.id – Saat musim hujan dan cuaca dingin kita perlu menjaga ketahanan tubuh agar tak gampang terserang penyakit. Caranya selain berolah raga, kita bida menyeimbangkan nutrisi atau mengkonsumsi makanan sehat.

Selain itu ada baiknya mencoba minuman-minuman berkhasiat untuk kesehatan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Teh jahe misalnya. Teh jahe sangat baik jika diselingi saat sarapan pagi.

Jahe atau tanaman dengan nama latin Zingiber officinale dikenal sebagai tanaman rempah yang dapat melezatkan makanan. Lebih dari itu, jahe memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi sebagai minuman.

Kombinasi dari nikmatnya teh dan hangatnya jahe dapat memberikan khasiat untuk tubuh sebelum memulai aktivitas seharian. Selain itu, jahe juga dikenal sebagai salah satu bahan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit karena kandungan di dalamnya.

Baca Juga :   International Bintan Marathon 2018 Targetkan 2.000 Peserta

Dikutip dari Times of India, berikut ini adalah 4 manfaat mengonsumsi teh jahe bagi tubuh kita.

Melancarkan saluran pencernaan

Teh jahe memiliki khasiat melancarkan saluran pencernaan dan membantu tubuh menyerap makanan lebih cepat. Selain itu teh jahe juga bisa meredakan rasa kembung di perut jika kamu sarapan terlalu banyak.

Meredakan masalah pernapasan

Bagi kamu yang sering mengalami sesak napas beserta flu dan batuk ada baiknya mengonsumsi teh jahe karena minuman yang satu ini ternyata mampu memperlebar saluran pernapasan yang menyempit ketika terjadi sesak napas. Dahak yang berada di tenggorokan karena batuk juga bisa dibersihkan dengan teh jahe.

melepas stres

Aroma yang khas dari jahe dan kandungan polifenol serta antioksidan yang tinggi dari teh bisa menjadi obat penurun stres yang baik dikonsumsi setiap hari oleh siapapun.

Baca Juga :   Syafruddin Resmi Menteri PAN-RB, Asman Abnur Absen

meredakan nyeri mestruasi
Tidak hanya mampu meredakan nyeri saat menstruasi dengan cara diminum, teh jahe juga dapat dimanfaatkan dengan cara memasukan handuk atau sapu tangan ke minuman tersebut dan menempelkannya ke bagian sekitar perut agar dapat mengendurkan otot sekitar rahim.

editor: Eliza Gusmeri

sumber: detik.com