pelantar.id – Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak memborong penghargaan di ajang Piala Citra, Festival Film Indonesia (FFI) 2018. Film besutan sutradara Mouly Surya ini unggul atas nominator lain seperti film Aruna & Lidahnya, Skala Niskala, Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta.

“Ya surprise sih sebenarnya. Mereka semua respected film maker. Mereka bagus semua. Itu yang bikin bangga perfilman Indonesia,” Rama Adi selaku Produser film saat menerima Piala Citra FFI 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (9/12/18).

Penghargaan ini melengkapi deretan penghargaan lain yang berhasil diraih film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak yang juga mendapat apresiasi dari beberapa festival film mancanegara.

“Saya sih melihat untuk penghargaan apalagi di negara sendiri tempat kami tinggal, pastinya bangga. Kita sudah kemana-mana. Pastinya bangga dapat penghargaan di negeri sendiri,” ujar Rama Adi.

Film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak juga berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Sutradara Film Panjang Terbaik dalam ajang FFI 2018.

Baca Juga :   Unjuk Gigi Rupiah di Ujung Pekan

Sebelumnya, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak yang dibintangi Marsha Timothy berjaya di ajang Asian World Film Festival (AWFF) 2018 yang berlangsung di Culver City, California, Amerika Serikat.

Marsha Timothy.
Foto:  Tempo/Ratih Purnama

Film yang dalam bahasa Inggris berjudul Marlina The Muderer in Four Acts ini sukses meraih penghargaan juri khusus atau Snow Leopard Special Jury Award di AWFF tahun ini, yang diumumkan, pada Jumat (2/11/18) waktu setempat. Penghargaan bergengsi untuk film karya anak bangsa itu diserahkan oleh Silvia Bizio dan Kimberly Cheng kepada Konsul Jenderal Republik Indonesia, Simon DI Soekarno, menurut pengumuman resmi AWFF.

Dalam penghargaan juri AWFF itu, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak berhasil lolos menjadi salah satu dari tujuh yang terbaik di antara 17 film yang dikompetisikan. Bersama Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak adalah film Rusia The Lord Eagle, Yakutia karya sutradara Eduard Novikov dinobatkan sebagai film terbaik atau Snow Leopard Best Film.

Baca Juga :   Delapan Tahun di Indonesia, Hari Ini Nikon Pamit!

Adapun penghargaan aktor terbaik diraih Akylbek Abdykalykov dari Kirgiztan dalam film Night Accident. Untuk sutradara baru terbaik direbut Konstantin Khabenakiy asal Rusia dalam film Sobibor.

Emir Baigazin dari Kazakhstan mendapatkan penghargaan sebagai sutradara dan sinematografer terbaik untuk film The River. Untuk kategori film terbaik pilihan audiens atau Audience Award terpilih film Singapura berjudul Buffalo Boys arahan sutradara Mike Wiluan.

Baca Juga :

Daftar Lengkap Peraih Nominasi Piala Citra 2018

Berikut daftar lengkap Piala Citra yang berhasil diboyong tim film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak dari gelaran FFI 2018.

  1. Sutradara Terbaik – Mouly Surya
  2. Penulis Skenario Asli Terbaik – Mouly Surya, Rama Adi 
  3. Pengarah Sinematografi Terbaik – Yunus Pasolang
  4. Pengarah Artistik Terbaik – Frans Xr Paat
  5. Penyunting Gambar Terbaik – Kelvin Nugroho
  6. Penata Suara Terbaik – Khikmawan Santosa, A. Patawari
  7. Penata Musik Terbaik – Zeke Khaseli, Yudhi Arfani
  8. Pemeran Wanita Utama Terbaik – Marsha Timothy
  9. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik – Dea Panendra 

Sumber: Tempo.co