Pelatar. id – Marvel memunculkan superhero baru dengan tampilan muslimah. Superhero tersebut bernama Dust. Dust adalah mutan yang berasal dari Afganistan sebagai sosok yang sangat menghormati tradisi sehingga ia memilih stelan serba hitam dilengkapi niqab dan cadar yang menutup wajahnya.

Sekilas memang terlihat keren dan applaus untuk Marvel yang mulai memasukkan berbagai karakter dan etnis dari berbagai karakter superheronya. Namun, berbeda dengan Dust. Ternyata penampilan superhero tersebut menuai kritikan dari seorang hijaber bernama Sara Alfageeh.

Menurut dia yang sempat mengomentari melalui akun Twitternya bahwa hijab Dust tidak menunjukkan penampilan seorang muslimah. Kostum Dust dianggap terlalu ketat dan menganggap kostum ini tidak mencerminkan kebudayaan di mana wanita menjaga aurat.

Baca Juga :   Karimun Jajaki Penerapan Sistem Kantor Elektronik

“I love comics. I do, I really do. but wow y’all. who signed off on this Dust art. who looked at a niqabi character and still gave her the latex costume treatment,” tulis Sara di Twitternya.

Cuitan Sara ini kemudian viral dan memperoleh dukungan dari netizen. Menurut mereka, kostum Dust memang terlalu ketat. Komentar wanita asal Boston yang suka menggambar ini diunggah ulang hingga ratusan kali. Ada yang pro dan kontra yang mengomentari twitter hijaber ini.

Mereka yang pro, sepakat bahwa wanita berniqab tidak seharusnya memakai busana latex yang ketat. Tak hanya mengkritik. Akhirnya, Sara membuat me-make over penampilan Dust dan membuat gambar baju Dust yang menurutnya lebih sesuai.

Rancangan penampilan Dust by Sara

Dia membuat versi penampilan Dust memakai rok, baju panjang dan niqab. Kemudian, versi Dust memakai high heels dan celana panjang. Perempuan tersebut mencoba menggambarkan sosok muslimah sosok superhero itu yang sebenarnya dan lebih pantas dilihat.

Baca Juga :   Prostitusi dan Kedekatannya dengan Kawasan Industri di Kota Batam

Dust versi Sara ini banyak mendapat pujian pengguna Twitter. Gambarnya tersebut sudah mendapatkan like lebih dari 20 ribu kali. Bahkan salah satu penulis komik Marvel, Zac Thompson juga memuji karyanya.

 

Marvel direncanakan produksi superhero muslimah

ms. Marvel

Sebelumnya Marvel pernah mengabarkan memperkenalkan superhero muslimah pertama bernama Ms. Marvel. Bahkan produsernya berencana membuat film superhero muslimah. Karakter tersebut direncanakan baru muncul usai Avengers 4.

Gelar Ms. Marvel disandang oleh remaja wanita muslim bernama Kamala Khan. Kamala Khan merupakan remaja berdarah Pakistan yang menetap di New Jersey. Setelah tampil di berbagai komik, ia pun menjadi karakter favorit para penggemar Marvel.

Kamala Khan akan menjadi warna baru bagi dunia perfilman bertema superhero andai ia memiliki peran sendiri di waralaba film Marvel Cinematic Universe.

Baca Juga :   5 Tips Isolasi Mandiri di Rumah dari Pakar UNAIR

 

eliza gusmeri
dari berbagai sumber