Pelantar.id – Masalah berat badan sering menyita perhatian perempuan. Apalagi bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan, memiliki berat badan ideal adalah suatu keniscayaan.

Untuk mempertahankan berat badan, berbagai solusi dilakukan. Paling maenstrem adalah mengurangi porsi makan atau memilih cara instans dengan datang ke dokter: melakukan sedot lemak atau menggunakan pil pelansing. Cara ini tak jarang digunakan perempuan.

Namun, cara-cara tersebut bersifat subjektif. Sebaliknya bila Anda tak ingin mencoba cara instans tersebut, cara termudahnya adalah mengurangi porsi makan. Pertama kali memutuskan diet tentunya Anda akan mencoba mengurangi porsi makan bukan? Nah, cara ini cukup mampu membantu.

Awalnya memang terasa sulit sebelum akhirnya Anda dapat membiasakan mengurangi porsi makan karena porsi makan sangat menentukan tingkat kekenyangan Anda. Lalu bagaimana caranya? berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengurangi porsi makan yang dilansir dari Hellosehat.com.

1. Penuhi piring Anda dengan sayur dan buah dulu, sebelum mengambil karbohidrat

foto: Warungkita.com

Penelitian membuktikan bahwa rasa kenyang dipengaruhi oleh jumlah makanan yang Anda makan, bukan jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Nah, sayur dan buah bisa Anda makan dalam jumlah banyak tanpa menyumbang kalori yang berlebihan.

Sayur dan buah merupakan kelompok makanan dengan kandungan serat tinggi, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dan, Anda juga tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak karena sayur dan buah mempunyai kalori yang relatif sedikit. Setidaknya, penuhi setengah piring Anda dengan sayur dan buah, dan Anda tidak perlu takut akan merasa lapar.

Baca Juga :   SMSI Luncurkan Siber Indonesia Network, Dipimpin Ramon Damora

2. Gunakan piring kecil

Ternyata, ukuran piring yang Anda gunakan saat makan dapat memengaruhi porsi makan yang Anda ambil. Hal ini karena orang cenderung mengisi piring mereka dengan makanan sekitar 70%, terlepas dari ukuran piring yang mereka gunakan, menurut sebuah penelitian.

Sehingga, jika Anda menggunakan piring lebih kecil, secara tidak sadar mungkin porsi makan Anda juga ikut berkurang. Tak hanya itu, ternyata warna piring juga dapat memengaruhi seberapa banyak Anda makan.

Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University tahun 2012, ketika piring dan makanan memiliki kontras warna yang tidak terlalu mencolok, orang cenderung akan makan lebih banyak. Sehingga, jika Anda ingin mengurangi porsi makan, sebaiknya gunakan warna piring yang sangat berbeda dengan warna makanan Anda. Gunakan piring warna putih, misalnya.

3. Pastikan di piring Anda ada makanan sumber protein

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa makanan sumber protein dapat meningkatkan rasa kenyang lebih besar, dibandingkan makanan sumber karbohidrat maupun lemak. Sehingga, hal ini dapat membantu Anda dalam mengurangi porsi makanan.

Pastikan ada makanan sumber protein di piring Anda setiap makan. Namun, pilihlah makanan sumber protein dengan kandungan lemak rendah, seperti ikan, seafood, telur, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

4. Sebelum makan, coba ngemil snack tinggi serat dan protein

Siapa bilang snacking atau ngemil itu tidak sehat? Ngemil sebelum makan justru malah bisa mencegah kita makan berlebihan. Pilih camilan sehat yang tinggi serat dan protein, misalnya yang terbuat dari kacang kedelai. Penelitian medis terbaru menemukan bahwa protein kedelai bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. Konsumsi kedelai juga bisa mencegah Anda ngemil makanan tak sehat di sela-sela waktu makan, juga mencegah Anda merasa lapar larut malam.

Baca Juga :   Solusi Atasi Kantuk di Pagi Hari

Tak hanya itu, protein kedelai juga rendah lemak, rendah karbohidrat, dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat setelah makan. Ini mencegah sekresi insulin berlebihan. Kadar gula darah dan insulin yang stabil akan mengurangi rasa lapar Anda, dan mengurangi jumlah kalori yang disimpan sebagai lemak di tubuh.

5. Jangan melakukan hal lain saat makan

Terapkanlah apa yang disebut dengan “mindful eating” saat Anda makan. Makanlah dengan perhatian penuh dan jauhi gangguan, seperti ponsel, televisi, dan komputer, saat makan. Hal ini membantu tubuh dapat merespon sinyal kelaparan dan kekenyangan. Sehingga, Anda akan lebih mampu merasakan kapan harus berhenti makan saat merasa sudah kenyang.

6. Jangan lupa minum sebelum makan

Tahukah Anda, minum air putih sebelum makan dapat membuat Anda tidak makan berlebihan? Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum sekitar 2 gelas (500 ml) sebelum sarapan bisa makan 13% lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum sebelum makan. Air putih dapat memuaskan dahaga Anda sebelum makan tanpa meningkatkan asupan kalori Anda.

Editor: Quinna Bening