pelantar.id – Seiring tuntasnya matchday terakhir penyisihan Grup G pada Jumat (29/6) dini hari WIB, maka berakhir sudah fase penyisihan grup di Piala Dunia 2018. Sebanyak 16 tim sudah memastikan diri tampil di fase gugur babak 16 besar.

Ada beberapa kejutan tercipta selama fase penyisihan grup. Yang paling menohok tentu kegagalan Jerman lolos dari penyisihan grup. Sebagai juara bertahan, Der Panzer harus rela mengemasi barang bawaan dan kembali ke negara asal lebih dini.

Tim tangguh lainnya, Argentina, harus melewati jalan terjal sebelum memastikan lolos. Namun, ada pula yang terkesan melaju dengan mulus seperti yang dialami Belgia dan Inggris. Tak ketinggalan, ada yang menciptakan kejutan alias jadi kuda hitam, seperti Kroasia.

Baca Juga :   Pemilih Belum Punya E-KTP, KPU Usul Pakai Kartu Pemilih

Berbagai catatan mengiringi akhir penyisihan grup. Untuk kali pertama sejak 1982, Afrika tak menempatkan satu pun wakilnya di babak 16 besar. Hal ini menyusul tersingkirnya Senegal, dengan cara yang dianggap sejumlah kalangan kejam lantaran berdasarkan penghituan poin fair play yang diterapkan FIFA.

Sebaliknya, tersingkirnya Senegal membuat wakil Asia, Jepang, mendapat tiket tampil di 16 besar. Jepang memiliki penghitungan poin fair play lebih baik ketimbang Senegal. Tim Samurai Biru jadi satu-satunya wakil dari Benua Asia di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Pada fase gugur ini, tensi dan gengsi pertandingan tentu semakin meningkat. Pencinta sepak bola dijamin enggan melewatkan setiap pertandingan, apalagi ada beberapa duel yang pantas mendapat perhatian lebih.

Baca Juga :   Bupati Bintan Ditetapkan Sebagai Tersangka oleh KPK, Ini Kasusnya

Semisal laga Prancis kontra Argentina, Brasil versus Meksiko, Swedia melawan Swiss, serta Uruguay yang berjumpa Portugal.

Nah, agar tak melewatkan pertandingannya, silakan menyimpan jadwal pertandingan 16 besar Piala Dunia 2018 selengkapnya di bawah ini.

Berikut adalah jadwal babak 16 besar Piala Dunia 2018:

Sabtu, 30 Juni 2018
Perancis vs Argentina, Kazan Arena; 21.00 WIB; Trans TV

Minggu, 1 Juli 2018
Uruguay vs Portugal, Stadion Fisht, 01.00 WIB; Trans TV
Spanyol vs Rusia, Stadion Luzhniki, 21.00 WIB; Trans TV

Senin, 2 Juli 2018
Kroasia vs Denmark, Stadion Nizhny Novgorod; 01.00 WIB; Trans TV
Brasil vs Meksiko, Samara Arena; 21.00 WIB; Trans TV

Selasa, 3 Juli 2018
Belgia vs Jepang, Rostov Arena; 01.00 WIB; Trans TV
Swedia vs Swiss; Stadion Saint-Petersburg, 21.00 WIB; Trans TV

Baca Juga :   Mundur dari Menteri, Asman Abnur Berharap Terpilih ke Senayan

Rabu, 4 Juli 2018
Kolombia vs Inggris, Otkrytiye Arena; 01.00 WIB; Trans TV

 

Sumber : Bola.com