foto:okezone

Pelantar.id – Masjid Raya Makassar menyimpan Al Quran terbesar di Indonesia bagian timur. Pada Ramadan ini umat islam di Makassar dan wilayah sekitarnya berdatangan untuk melihat Al Quran raksasa.

Ukuran Alquran raksasa tersebut 10 kali lipat Al Quran pada umumnya yakni memiliki panjang 1 meter dan lebar 1,5 meter. Al Quran ini memiliki berat 584 kilogram.

Keunikan lain Al Quran raksasa ini dapat dilihat dari jenis tinta yang digunakan untuk menulis yang terbuat dari campuran tinta bak cina dan air teh kental.

Keberadaan Alquran ini tentunya mengundang perhatian dari jemaah Masjid Raya Makassar yang hendak beribadah dan bahkan mengabadikan moment langka ini menggunakan smartphone miliknya. Jemaah mengaku keberadaan Al Quran ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk lebih meningkatkan dalam beribadah di bulan suci Ramadhan.

Baca Juga :   Sail Anambas to Natuna, Menjual Surga Wisata di Ujung Utara

Huruf-huruf Al Quran yang terlihat besar dari biasanya (Ibnu Munsir/detikcom)Huruf-huruf Al Quran yang terlihat besar dari biasanya (Ibnu Munsir/detikcom) Foto: undefined

“Kalau saya lihat, orang datang ke sini kaget karena besar sekali dari mana asalnya Al Quran itu. Sempat baca juga dan saya kagum saja karena tulisannya besar,” kata seorang jemaah, Muhammad Yunus Senin (20/5) kemarin.

Awalnya Al Quran ini dipajang tanpa etalase kaca sehingga para jemaah dapat menyentuh langsung. Namun belakangan pengurus mesjid memasukkan Al Quran ke dalam boks kaca karena banyak jemaah yang menyentuh tanpa berhati-hati sehingga mengalami kerusakan.

Meski memiliki ukuran yang besar namun tetap saja isi Al Quran raksasa ini sama dengan yang pada umumnya yakni memiliki 6.666 ayat 114 surah dan 30 juz. Yang membedakan cuma pada ukuran huruf hijaiyah yang jauh lebih besar sehingga memudahkan orang untuk membacanya.

Baca Juga :   Bulog Rancang Jual Beras Rentengan Seharga Rp2.000

“Al Quran akbar yang biasa orang menyebutnya orang Al Quran raksasa di Masjid Raya Makassar ini kalau tidak salah ingat mulai didatangkan oleh Pak Muslim itu atas inisiatif Bapak Haji Aksa Mahmud sekitar tahun 2009,” jelasnya Imam Masjid Raya Makassar, Muhammadi Syahril.

“Mulai dipamerkan di Masjid Raya Makassar ini pada tanggal 29, adalah Al Quran raksasa ke-6 yang dibuat, yang pertama untuk Museum Istiqlal Jakarta. Ukuran setengah meter ada pesanan dari Brunei Darussalam, lalu ada pesanan dari mantan salah satu wali kota di Jakarta,” imbuh dia.

sumber: detik.com